Salah Satu Bulan Terkecil Saturnus Simpan Lautan Rahasia

Kompas.com - 09/02/2024, 14:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber CNN

KOMPAS.com - Para astronom telah menemukan bukti tambahan bahwa salah satu bulan terkecil Saturnus, Mimas menyimpan lautan di bawah permukaan esnya.

Temuan ini membangun argumen yang lebih kuat tentang keberadaan air dan dapat membantu para ilmuwan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang di mana mencari dunia yang layak huni di luar angkasa yang luas.

Baca juga: 4 Planet Besar yang Dijuluki Raksasa Gas

Ilmuwan sebelumnya mengira Mimas hanyalah sebongkah es besar sebelum misi Cassini NASA untuk mempelajari Saturnus dan beberapa bulan lainnya antara tahun 2004 hingga 2017.

Bulan terkecil Saturnus

Mengutip CNN, Kamis (8/2/2024) Mimas ditemukan pada tahun 1789 oleh astronom Inggris William Herschel sebagai titik kecil di dekat Saturnus.

Baru kemudian pada tahun 1980, Mimas pertama kali dicitrakan dari luar angkasa oleh wahana Voyager.

Kawah menutupi permukaan Mimas dengan yang terbesar berukuran sekitar 130 kilometer.

Mimas membutuhkan waktu lebih dari 22 jam untuk mengorbit Saturnus dan hanya berjarak sekitar 186.000 kilometer dari planet tersebut.

Data Cassini juga menunjukkan rotasi dan gerak orbit Mimas mengalami perubahan yang dipicu oleh interiornya.

Lalu tim peneliti Eropa pada tahun 2014 menemukan bahwa inti yang kaku, memanjang, berbatu atau lautan di bawah permukaan menyebabkan rotasi dan gerakan Mimas.

Untuk mengetahui skenario mana yang paling mungkin terjadi, astronom Observatoire de Paris Valéry Lainey dan rekannya menganalisis data pergerakan orbit.

Hasil studi ternyata menemukan evolusi orbit Mimas dari waktu ke waktu menunjukkan adanya lautan internal yang membentuk pergerakannya.