Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Tunda Misi Artemis, Manusia Gagal Lagi ke Bulan?

Kompas.com - 11/01/2024, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Misi kembali ke Bulan akhirnya harus ditangguhkan kembali. NASA secara resmi mengumumkan misi Artemis ke Bulan ditunda setelah serangkaian masalah dengan wahana luar angkasa terungkap selama pengujian.

Mengutip New Scientist, Rabu (10/1/2024) NASA menunda penerbangan Artemis II yang semula dimaksudkan untuk membawa empat astronot mengelilingi Bulan pada akhir tahun 2024 hingga September 2025.

Baca juga: NASA Umumkan Astronot Misi Artemis II yang Akan Mengelilingi Bulan

Sedangkan misi Artemis III untuk mendaratkan astronot di permukaan Bulan untuk pertama kalinya sejak tahun 1972 juga telah ditunda dari yang paling cepat akan diberangkatkan tahun 2025 menjadi 2026.

Dalam konferensi persnya pada 9 Januari, pejabat NASA mengatakan keputusan tersebut dibuat untuk memastikan keselamatan kru dan memberi waktu yang cukup untuk pengujian seluruh komponen wahana.

Masalah pada wahana

Melansir Independent, NASA mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi sejumlah area yang perlu diperbaiki di wahana untuk memastikan astronot dapat melakukan perjalanan ke Bulan dengan aman.

Administrator NASA Bill Nelson mengatakan keselamatan adalah prioritas utama.

"Keselamatan adalah prioritas utama kami dan untuk memberi tim Artemis lebih banyak waktu untuk mengatasi tantangan dengan pengembangan, pengoperasian, dan integrasi, kami akan memberikan lebih banyak waktu pada Artemis 2 dan 3," kata Nelson.

"Jadi yang ingin saya sampaikan, kami menargetkan Artemis 2 pada bulan September 2025 dan Artemis 3 pada September 2026 yang akan mengirim manusia untuk pertama kali ke Kutub Selatan Bulan," tambah Nelson.

NASA menjelaskan bahwa salah satu masalah yang diperhatikan adalah pecahan kecil pelindung panas yang terlepas dari kapsul saat Artemis akan re-entry atau masuk kembali ke atmosfer Bumi.

Baca juga: Berapa Banyak Sampah yang Ada di Bulan?

Masalah lain yang memengaruhi misi ini termasuk soal baterai, pengembangan pakaian antariksa baru, dan kebutuhan akan transfer bahan bakar.

Pengumuman NASA untuk menunda keberangkatan Artemis ini muncul setelah Peregrine Mission One (PM1) milik Astrobotic yang juga berupaya untuk mendarat di Bulan harus dibatalkan karena mengalami kebocoran bahan bakar tidak lama setelah diluncurkan.

PM1 itu bertujuan menjadi misi pribadi pertama yang mendarat di permukaan Bulan.

Dan Astrobotic adalah perusahaan pertama dari tiga perusahaan AS yang mencova mengirim wahana luar angkasa ke Bulan sebagai bagian dari Layanan Muatan Bulan Komersial NASA.

Baca juga: Manekin Ikut Diluncurkan di Misi Artemis I ke Bulan, untuk Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com