Studi Temukan Titanium Oksida Berpotensi Hilangkan Polutan Air Limbah

Kompas.com - 13/10/2023, 12:30 WIB
Usi Sulastri,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Air limbah adalah masalah lingkungan utama di seluruh dunia dan keberadaannya memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan manusia dan seluruh makhluk hidup.

Sebuah studi baru menemukan potensi yang terkandung dalam titanium oksida yang dapat membantu mengurai dan menghilangkan polutan dalam air limbah.

Sebagian besar air limbah yang mencemari lingkungan, dihasilkan dari rumah tangga dan industri. Secara global, air limbah yang dapat dihasilkan yakni hampir 380 miliar kubik ton setiap tahun.

Pengolahan air limbah telah menjadi fokus utama, namun para peneliti di Fakultas Teknik Universitas Drexel, dalam sebuah studi baru mengklaim, mungkin telah menemukan solusi dengan memanfaatkan nanofilamen kecil.

Baca juga: Studi Temukan Kupu-kupu Gunakan Ekornya untuk Hindari Pemangsa

Potensi titanium oksida mengolah air limbah

Dilansir dari Science Daily, Selasa (10/10/2023), studi ini dipimpin Michel Barsoum, seorang profesor Universitas Distinguished menemukan, titanium oksida terstruktur lepidocrocite mampu mengurai polutan pewarna seperti rhodamin 6G dan kristal violet.

Dalam waktu 30 menit, bahan ini berhasil mengurangi konsentrasi pewarna dalam air masing-masing sebesar 90 persen dan 64 persen.

"Kami berharap integrasi fotokatalis titanium oksida ke dalam proses saat ini dapat meningkatkan efektivitas dan mengurangi konsumsi energi," ujar Barsoum.

Tim penelitian menggunakan berbagai teknik karakterisasi seperti difraksi sinar-X, pemindaian elektron, dan mikroskop elektron transmisi untuk menganalisis nanomaterial.

Mereka juga memantau sampel menggunakan spektroskopi ultraviolet-visible dan mengukur mineralisasi berdasarkan permintaan oksigen kimia untuk memantau dekolorisasi pewarna.