Seperti Apa Ular yang Kalahkan Piton dalam Menelan Mangsanya?

Kompas.com - 20/09/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Piton dikenal sebagai salah satu spesies ular yang bisa menelan mangsa yang punya ukuran sangat besar, bahkan lebih besar dari ukurannya.

Akan tetapi, ada spesies ular lain yang dapat melampaui kemampuan piton menelan mangsa dengan ukuran tubuh yang jauh lebih besar.

Spesies ular pemakan telur Gans, Dasypeltis gansi, adalah reptil yang memiliki kemampuan memakan mangsa yang berukuran 4 kali besar tubuhnya.

Ular Afrika yang kurus dan tidak berbisa ini memiliki rahang yang mampu menganga dengan sangat lebar, sehingga dapat menelan telur burung bulat utuh meski tubuhnya kecil.

Sebagai informasi ular pemakan telur ini panjangnya hanya 102 Cm saja.

Baca juga: Seperti Apa Spesies Baru Ular yang Dinamai dari Nama Horrison Ford?

Kemampuan ular menelan mangsa lebih besar

Dikutip dari Live Science, Senin (18/9/2023) kemampuan untuk memakan mangsa yang jauh lebih besar berasal dari kulit elastis yang menghubungkan tulang rahang bawah kiri dan kanan ular.

Hal tersebut menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Zoology memungkinkannya untuk membuka rahang sangat lebar.

"Mereka nampaknya pemegang rekor dunia untuk ukuran rahang yang menganga dan ukuran rahang keseluruhan. Kemampuan mereka bahkan lebih ekstrim dari ular piton Burma," kata Bruce Jayne, ahli biologi dan profesor di Departemen Ilmu Biologi Universitas Cincinnati.

Faktanya, pemakan telur Gans dapat melahap mangsa tiga hingga empat kali lebih besar. Selain memakan telur, mereka juga memakan hewan pengerat dan juga amfibi.

Jayne menguji keterampilan ular menelan telur, bahkan merekam kemampuan makannya dalam video untuk menyelidiki apakah ular punya bukaan rahang terbesar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.