Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Ular yang Kalahkan Piton dalam Menelan Mangsanya?

Kompas.com - 20/09/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Piton dikenal sebagai salah satu spesies ular yang bisa menelan mangsa yang punya ukuran sangat besar, bahkan lebih besar dari ukurannya.

Akan tetapi, ada spesies ular lain yang dapat melampaui kemampuan piton menelan mangsa dengan ukuran tubuh yang jauh lebih besar.

Spesies ular pemakan telur Gans, Dasypeltis gansi, adalah reptil yang memiliki kemampuan memakan mangsa yang berukuran 4 kali besar tubuhnya.

Ular Afrika yang kurus dan tidak berbisa ini memiliki rahang yang mampu menganga dengan sangat lebar, sehingga dapat menelan telur burung bulat utuh meski tubuhnya kecil.

Sebagai informasi ular pemakan telur ini panjangnya hanya 102 Cm saja.

Baca juga: Seperti Apa Spesies Baru Ular yang Dinamai dari Nama Horrison Ford?

Kemampuan ular menelan mangsa lebih besar

Dikutip dari Live Science, Senin (18/9/2023) kemampuan untuk memakan mangsa yang jauh lebih besar berasal dari kulit elastis yang menghubungkan tulang rahang bawah kiri dan kanan ular.

Hal tersebut menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Zoology memungkinkannya untuk membuka rahang sangat lebar.

"Mereka nampaknya pemegang rekor dunia untuk ukuran rahang yang menganga dan ukuran rahang keseluruhan. Kemampuan mereka bahkan lebih ekstrim dari ular piton Burma," kata Bruce Jayne, ahli biologi dan profesor di Departemen Ilmu Biologi Universitas Cincinnati.

Faktanya, pemakan telur Gans dapat melahap mangsa tiga hingga empat kali lebih besar. Selain memakan telur, mereka juga memakan hewan pengerat dan juga amfibi.

Jayne menguji keterampilan ular menelan telur, bahkan merekam kemampuan makannya dalam video untuk menyelidiki apakah ular punya bukaan rahang terbesar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Baca juga: Seperti Apa Dinosaurus Mirip Burung yang Ditemukan di China?

 

Di laboratorium, Jayne memberi makan telur puyuh kepada pemakan telur Gans.

Setelah menelannya utuh, ular itu memutar tulang punggungnya untuk memecahkan telur tersebut dan hanya memuntahkan cangkang telur yang pecah saja.Seluruh proses berlangsung 15 hingga 30 menit.

Ular ini juga hampir tidak memiliki gigi dan itu terbukti bermanfaat karena membantu isi cairan telur tidak keluar saat menelannya.

"Menelan benda yang relatif keras tetapi juga halus sulit dilakukan. Memiliki gigi akan menyebabkan isi telur keluar dari mulutnya jika tertusuk oleh struktur seperti gigi," kata Jayne.

Baca juga: Seperti Apa Spesies Baru Hiu Bergigi Mirip Manusia?

Analisis bukaan rahang ular

Ini bukan pertama kalinya, Jayne menguji ukuran ular yang menganga. Tahun lalu, ia mempelajari seberapa lebar ular piton Burma bisa membuka mulutnya.

Ia menemukan bahwa mereka juga memiliki kemampuan yang mengesankan untuk menelan mangsa yang lebih besar. Bahkan di alam liar, mereka diketahui menelan rusa utuh.

Meski hal tersebut mengesankan, pemakan telur Gans mampu memakan mangsa dengan luas penampang dua kali lipat ular piton Burma.

Jayne menyebut kemampuan ini merupakan sarana untuk bertahan hidup karena sebagian besar telur burung berbentuk gemuk dan bulat sehingga lebih menantang saat dimakan.

Baca juga: Seperti Apa Fosil Penyu Terlengkap dari Zaman Jurassic?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com