Seperti Apa Dinosaurus Eropa yang Ikonik dari Zaman Kapur?

Kompas.com - 03/09/2023, 20:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Dinosaurus yang ikonik bagi sebagian besar orang kemungkinan yang terbayangkan adalah Tyrannosaurus rex (T-rex) atau Triceratops.

Akan tetapi, ternyata di Eropa memiliki keanekaragaman dinosaurus yang cenderung berbeda dengan hewan-hewan purba di benua lain, terutama yang hidup di periode Cretaceous atau Zaman Kapur.

Dilansir dari Phys, Minggu (3/9/2023), selama Zaman Kapur Akhir (Late Cretaceous), sekitar 100 hingga 66 juta tahun yang lalu, Eropa adalah sebuah kepulauan yang luas dengan banyak pulau besar dan kecil.

Daratan Eropa di zaman tersebut terletak di laut tropis yang dangkal, yang disebut sebagai Kepulauan Eropa Kapur Akhir (Late Cretaceous European Archipelago).

Baca juga: Seperti Apa Dinosaurus Vegetarian yang Ditemukan di Thailand?

Dinosaurus Eropa yang ikonik

Di kepulauan ini, hidup berbagai kelompok dinosaurus yang sangat berbeda dengan di benua lain. Bahkan, tak jarang dinosaurus yang ditemukan berukuran jauh lebih kecil dibandingkan kerabat mereka di daratan.

Dinosaurus Eropa tersebut termasuk di antaranya adalah theropoda karnivora berukuran kecil dan sedang.

Tak hanya itu, spesies dinosaurus ikonik lainnya dari Eropa di antaranya seperti ankylosaurus dengan kulit lapis baja, sauropoda berleher panjang, hadrosaurus berparuh bebek, dan rhabdodontid.

Namun, salah satu spesies yang paling ikonik dan paling penting bagi ekosistem Eropa di masa itu adalah kelompok dinosaurus dari famili Rhabdodontidae.

Spesies dinosaurus ini merupakan kelompok dinosaurus herbivora berukuran sedang yang paling umum di Kepualauan Eropa pada Zaman Kapur.

Baru-baru ini, sekelompok tim peneliti gabungan dari Universities of Tübingen (Germany), Budapest (Hungary) dan Bucharest (Romania), mengungkapkan tentang dinosaurus unik dari Eropa.