Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2023, 10:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Tyrannosaurus rex atau T-rex sering digambarkan sebagai dinosaurus dengan gigi raksasa yang seperti pisau. Namun menurut penelitian baru, gambaran itu kurang akurat.

Dinosaurus Therapoda tersebut disebut malah menyembunyikan gigi tajam mereka di balik bibir tipis yang menjaga gigi tetap terhidrasi dan cukup kuat untuk menghancurkan tulang.

Ahli paleontologi telah menyebutkan bahwa T-rex mungkin memiliki bibir. Tetapi itu masih perdebatan.

Pasalnya ahli lain mengungkapkan pula dinosaurus karnivora itu lebih mirip dengan buaya masa kini yang tidak memiliki bibir dengan gigi yang menonjol.

Akan tetapi, studi baru menunjukkan sesuatu yang lain. T-rex mirip dengan kadal dengan gigi besar ditutupi oleh bibir bersisik.

Baca juga: Seperti Apa Dinosaurus dengan Leher Terpanjang di Bumi?

"Bibir dinosaurus T-rex akan lebih mirip dengan banyak kadal atau amfibi. Itu akan menjadi penutup kulit dan sisik yang memanjang dari tepi rahang, sehingga cukup menutupi tampilan samping gigi dan membiarkan mulut menutup rapat," ungkap Thomas Cullen, ahli paleobiologi di Auburn University di Alabama dan juga penulis utama studi.

Bibir T-rex

Dikutip dari Live Science, Minggu (2/4/2023) alasan T-rex memiliki fitur bibir demikian adalah agar gigi tetap terhidrasi sehingga akan kokoh dan sehat.

Menurut Mark Witton, paleontolog dari University of Portsmouth di Inggris, gigi buaya dan aligator selalu patah karena tidak kuat dan tidak cukup terhidrasi.

Lebih lanjut, T-rex juga mungkin tidak memiliki otot untuk menarik kembali lipatan kulit menjadi seringai gigi seperti yang digambarkan oleh film-film Hollywood.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com