Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Apa yang Masa Kehamilannya Paling Singkat?

Kompas.com - 02/04/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Induk hewan mengalami masa kehamilan dengan waktu yang sangat bervariasi. 

Ada hewan yang hamil selama hampir dua tahun, seperti gajah, dan ada hewan yang hamil hanya dalam waktu kurang dari satu bulan.

Hewan dengan masa kehamilan paling singkat

Dilansir dari Live Science, oposum, hewan marsupial kecil adalah hewan dengan masa kehamilan paling singkat.

Umumnya, oposum mengalami kehamilan yang hanya berlangsung sekitar 14 hari. Setelah melahirkan, oposum akan membawa bayinya yang tidak berdaya di dalam kantong mereka selama dua sampai tiga bulan. 

Saat anak-anak oposum tumbuh dan menjadi terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam kantong, mereka akan naik ke punggung induknya dan dibawa saat sang induk mencari makanan. 

Baca juga: Hewan Apa yang Masa Kehamilannya Paling Lama?

Pada masa ini, oposum muda sedang belajar keterampilan bertahan hidup seperti mencari makanan dan menghindari pemangsa. 

Cara oposum berkembang biak

Melansir Opossum Society of The United States, musim kawin oposum dapat dimulai paling cepat pada bulan Desember dan berlanjut hingga Oktober. 

Oposum betina mungkin memiliki 1-3 anak per tahun. Selama musim kawin, jantan menarik perhatian betina dengan mengeluarkan suara 'klik' dari mulutnya.

Opossum betina adalah ovulator spontan dengan siklus estrus sekitar 28 hari. Mereka mengalami estrus dalam waktu singkat, yakni sekitar 36 jam. Ini adalah waktu kawin dapat terjadi. 

Sperma yang telah berpasangan di saluran reproduksi oposum jantan akan bergerak melalui saluran vagina lateral dan terpisah lagi di saluran betina. 

Baca juga: Hewan Apa yang Memiliki Gigitan Terkuat?

Jika pembuahan terjadi, sel telur yang telah dibuahi bergerak dari saluran telur ke rahim, tempat mereka akan berkembang selama kehamilan dalam waktu singkat sebelum dilahirkan melalui vagina medial atau jalan lahir sentral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com