Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus Ini Gunakan Ekor Mirip Palu untuk Bertarung

Kompas.com - 14/12/2022, 09:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Penelitian mengungkap bahwa dinosaurus ankylosaurus menggunakan ekornya yang mirip palu untuk bertarung satu sama lain dan juga menangkal serangan predator seperti Tyrannosaurus rex.

Hasil itu didapat setelah peneliti menemukan fosil pemakan tumbuhan yang hidup 76 juta tahun yang lalu.

Temuan ini pun mengubah cara ilmuwan memahami dinosaurus dan bagaimana mereka menggunakan ekornya.

Dilansir dari CNN, selasa (13/12/2022) ankylosaurus memiliki lempengan tulang dalam berbagai ukuran dan bentuk di sekujur tubuhnya yang mirip dengan paku besar.

Saat memeriksa fosil, peneliti menemukan bekas luka seperti paku di sisi tubuh dinosaurus yang dipercaya disebabkan akibat ekor ankylosaurus lain.

Baca juga: Spesies Baru Dinosaurus Herbivora Ditemukan, Seperti Apa?

Hal ini membuat peneliti berpendapat bahwa dinosaurus ankylosaurus dapat menggunakan ekornya seperti senjata untuk menegaskan dominasi sosial, membangun wilayah mereka atau bahkan berjuang untuk mendapatkan pasangan.

Ankylosaurus yang menggunakan ekornya untuk bertarung satu sama lain mirip dengan hewan seperti rusa dan antelop yang memakai tanduknya untuk berkelahi saat ini.

Lebih lanjut, fosil ekor Ankylosaurus dan tengkoraknya ditemukan pada tahun 2017 di situs penggalian di Formasi Sungai Judith Montana utara.

Ahli paleontologi kemudian bekerja selama bertahun-tahun untuk membebaskan fosil dari 35.000 pon batu pasir yang menutupinya.

Fosil dinosaurus ini terawetkan dengan sangat baik sehingga sisa-sisa kulit dan pelindung tulang dipunggung dan panggul dinosaurus tetap ada, membuatnya tampak sangat hidup.

Baca juga: Dinosaurus Berkaki Dua Ditemukan di Zimbabwe, Jadi yang Tertua di Afrika

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com