Kompas.com - 25/07/2023, 12:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Uranus adalah planet aneh di Tata Surya yang berada di urutan ketujuh dari Matahari. Ada beberapa fakta tentang planet Uranus yang menarik untuk disimak.

Pada tahun 2022, Uranus dipilih oleh para ilmuwan planet sebagai target teratas planet di Tata Surya untuk dieksplorasi.

NASA juga beharap untuk meluncurkan penyelidikan baru sekitar tahun 2030-an yang akan menjelajahi Uranus dengan lebih detil daripada sebelumnya.

Fakta menarik planet Uranus

Lantas, apa saja fakta menarik planet tersebut, berikut di antaranya seperti dikutip dari Live Science, Senin (24/7/2023).

• Asal nama Uranus

Pada 1781, astronom Frederick William Herschel melihat Uranus melalui teleskopnya, menjadikannya planet pertama yang ditemukan di era ilmiah modern.

Awalnya ia mengira sedang melihat komet atau bintang, tetapi pengamatan oleh astronom lain, termasuk Johann Elert Bode pada akhir 1700-an, akhirnya membuktikan bahwa itu adalah planet yang baru ditemukan.