Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Menarik Oppenheimer, Jenius yang Bisa 6 Bahasa (bagian 2)

Kompas.com - 22/07/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Nama J. Robert Oppenheimer bergaung kembali setelah film mengenai kisah hidupnya dirilis pekan ini.

Oppenheimer sendiri dikenal publik sebagai bapak bom atom, yang kemudian bom atm yang dikembangkannya dijatuhkan tentara Sekutu Amerika Serikat, di Hiroshima dan Nagasaki.

Namun selama hidupnya bukan hanya titel itu saja yang tersemat pada namanya.
Oppenheimer juga dikenal sebagai orang pertama yang mengusulkan keberadaan lubang hitam dan juga seorang pembicara andal.

Fakta menarik Oppenheimer

Fakta menarik lain yang mungkin belum diketahui oleh publik juga masih ada. Di artikel bagian kedua ini, mari menguliknya lebih jauh lagi, seperti dikutip dari Live Science.

  • Murid-muridnya terobsesi dengan Oppenheimer

Selain bekerja di laboratorium, Oppenheimer juga mengajar. Fakta menariknya, ia tidak hanya mengandalkan matematika untuk memahami dunia.

Oppenheimer juga mencari cara yang berguna untuk menggambarkannya dengan kata-kata. Kegembiraan retorisnya dan pengetahuannya tentang topik di luar fisika, membuatnya menjadi pembicara yang menawan.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik tentang Teori Big Bang

Fakta menarik dari kejeniusan Oppenheimer, ialah dia sangat berbakat dalam membuat kalimat yang indah, sehingga dapat membuat siswa yang ia ajar menjadi takjub.

Beberapa dari siswanya kemudian bahkan mulai terobsesi dengan Oppenheimer sehingga mereka mulai berpakaian dan bertingkah seperti dia, mengenakan setelah abu-abu dan sepatu hitam, serta menghisap rokok Chesterfield favoritnya dengan santai dan meniru tingkah lakunya yang aneh.

Siswa yang mengidolakan Oppenheimer dijuluki 'nim nim boys' yang mengacu pada senandung 'nim-nim' Oppenheimer yang eksentrik.

  • Berbicara dalam enam bahasa, termasuk Sansekerta kuno

Salah satu fakta menarik tentang Oppenheimer adalah kemampuannya dalam berbahasa. Ia menyukai tantangan intelektual dan menikmati setiap kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dalam menyerap informasi.

Oppenheimer dapat berbicara enam bahasa, yakni Yunani, Latin, Perancis, Jerman, Belanda (yang dia pelajari dalam enam minggu untuk memberikan kuliah di Belanda) dan bahasa Sansekerta India kuno.

Oppenheimer juga banyak membaca buku di luar bidangnya. Dia memberi tahu teman-temannya bahwa dia telah membaca ketiga jilid sampul "Das Kapital" karya Karl Marx dalam perjalanan tiga hari kereta api ke New York.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com