Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Berat Badan Lebih Ringan di Pagi Hari?

Kompas.com - 21/07/2023, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi orang yang sedang mengontrol berat badan, menimbang berat badan secara berkala penting untuk mengetahui hasil dari proses yang tengah dilakukan.

Namun, tahukah Anda bahwa berat badan kita, umumnya, menjadi lebih ringan di pagi hari? Jika demikian, apakah menimbang di pagi hari adalah waktu yang paling tepat?

Alasan berat badan lebih ringan di pagi hari

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, secara singkat, penyebab berat badan lebih ringan di pagi hari adalah karena tubuh kita masih berfungsi.

Semua reaksi kimia yang menopang tubuh membutuhkan energi. Jadi, meskipun kita tidak makan saat tidur, proses metabolisme tetap berjalan dengan mengubah molekul glukosa menjadi karbon dioksida (CO2) dan air.

Baca juga: Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Tanpa Terlalu Banyak Makan?

Udara yang kita hirup mengandung 4% CO2 dan jenuh dengan uap air. Selama tidur malam 8 jam, kita akan menghembuskan 2.100 liter udara, yang mengandung 27 g air dan 84 liter CO2. Adapun karbon dalam CO2 memiliki berat 42 g.

Selain itu, dilansir dari Women's Health, ahli gizi Julie Upton, RD, mengatakan bahwa berat badan sedikit berkurang ketika bangun tidur karena tubuh mengalami dehidrasi ringan.

Lebih lanjut, Sonya Angelone, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menjelaskan bahwa dehidrasi ringan bisa menyamai penurunan berat badan yang nyata.

Menurut Angelone, kemungkinan penyebab lain berat badan berkurang di pagi hari adalah tubuh telah membakar kalori dari makanan yang kita makan di malam sebelumnya untuk memenuhi fungsi dasar tubuh, seperti bernapas dan menghasilkan panas tubuh.

Baca juga: 5 Cara Berhenti Merokok Tanpa Menaikkan Berat Badan

Kapan waktu terbaik untuk menimbang berat badan?

Menurut Cleveland Clinic, waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari setelah kita buang air, tetapi sebelum makan atau minum apa pun.

Alasannya adalah karena tubuh sudah memiliki cukup waktu untuk mencerna semua makanan dan minuman yang dikonsumsi dari hari sebelumnya saat tidur malam.

Untuk memaksimalkan hasilnya, gunakan pakaian yang ringan atau setidaknya memakai pakaian yang sama setiap kali menimbang berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com