Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Oppenheimer adalah film yang disutradarai Christopher Nolan, yang belakangan ini tengah ramai di khalayak publik.

Film biopik, Oppenheimer yang diperankan oleh Cillian Murphy merupakan film yang mengangkat kisah penemu bom atom, Julius Robert Oppenheimer.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Oppeheimer ini?

Oppenheimer dikenal sebagai sosok kontroversial di balik terciptanya bom atom, dan dikenal sebagai bapak bom atom.

Sejarah biografi Oppenheimer

Dilansir dari Britannica, Jumat (21/7/2023), Oppenheimer lahir pada 22 April 1904 di New York, Amerika Serikat dan meninggal dunia pada 18 Febrari 1967 di Princeton, New Jersey. Ia dikenal sebagai sosok fisikawan teoretis dan admnistrator sains Amerika.

J.R Oppenheimer merupakan anak dari seorang imigran Yahudi Jerman yang memperoleh kekayaan dari perdagangan tekstil, dilansir dari National Geographic

Ia juga lulusan dari Harvard University dengan predikat summa cumlaude dan menyelesaikan studinya hanya dalam 3 tahun.

Baca juga: Siapa Itu Nefertiti, Sosok Ratu Mesir Kuno yang Dikenal Karismatik?

Oppenheimer kemudian mendalami fisika teoretis di Cambridge University dan Universiy of Göttingen di Jerman, di mana ia meraih gelar doktor pada usia 23 tahun.

Sebagai fisikawan muda, Oppie, begitu namanya biasanya disapa, segera bergaul dengan sederet tokoh ilmiah dan para ilmuwan besar di zamannya.

Karya akademisnya juga telah berkontribusi memajukan teori kuantum dan meramalkan segala sesuatu mulai dari neutron hingga lubang hitam.

Oppenheimer juga sangat suka belajar banyak hal di luar ilmu-ilmu ilmiah yang ditekuninya, sebab ia juga mempelajari tentang agama, bahasa Sansekerta dan pengetahuan lainnya.

Oppenheimer, proyek Manhattan dan bom atom

Setelah Amerika Serikat bergabung dengan Sekutu pada tahun 1941, di masa Perang Dunia II, Oppenheimer diminta untuk berpartisipasi dalam Proyek Manhattan (Manhattan Project) yang sangat rahasia.

Ini adalah proyek awal untuk pengembangan senjata atom, yang kemudian menjadi cikal bakal bom atom yang dijatuhkan ke Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

Pada saat, Oppenheimer sedang berusaha mencari tahu apa yang diperlukan untuk memicu dan mempertahankan jenis reaksi rantai neutron yang penting untuk menciptakan ledakan nuklir, para atasan Oppenheimer terkesan dengan pengetahuannya yang luas.

Baca juga: Siapa Dr Deep Sea, Ilmuwan Pemecah Rekor Terlama Hidup di Bawah Air?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com