Siapa Christiaan Huygens yang Dikenal sebagai Penemu Satelit Saturnus?

Kompas.com - 09/03/2023, 13:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Christiaan Huygens adalah polymath, sosok yang dikenal dengan pengetahuan yang tidak terbatas pada satu bidang saja.

Selama hidupnya, Huygens telah memberikan kontribusi yang signifikan pada bidang matematika, fisika, teknik, dan astronomi.

Lantas, siapa Christiaan Huygens dan kenapa namanya sangat dikenang, terutama di bidang astronomi?

Huygens terkenal karena menemukan jam pendulum, mengusulkan bahwa cahaya terbuat dari gelombang, membantu mengungkap rahasia cincin Saturnus dan menemukan Titan, satelit terbesar Saturnus.

Untuk menghormatinya, wahana antariksa milik Badan Antariksa Eropa yang mendarat di Titan pada 14 Januari 2005, bahkan dinamai Huygens.

Namun siapa sangka, di balik pengetahuannya tersebut, Huygens menyimpan rahasia yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang lain.

Christiaan Huygens menderita rabuh jauh

Dikutip Live Science, Rabu (8/3/2023) sebuah studi baru mengungkapkan bahwa astronom terkenal asal Belanda itu kemungkinan menderita rabun jauh.