Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Itu Nefertiti, Sosok Ratu Mesir Kuno yang Dikenal Karismatik?

Kompas.com - 01/02/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya Cleopatra, Ratu Mesir Kuno yang diagungkan karena kecantikannya. Nefertiti adalah salah satu ratu yang memiliki peran kuat di zaman peradaban Mesir Kuno.

Lantas, siapa Nefertiti dan seperti apa perannya dalam peradaban Mesir Kuno?

Dikutip dari Live Science, Rabu (1/2/2023), Nefertiti merupakan permaisuri Mesir kuno yang diperkirakan telah memerintah sebagai firaun dengan haknya sendiri.

Ratu Mesir ini hidup selama dinasti ke-18 selama abad ke-14 SM, tetapi hingga saat ini, informasi tentang asal-usul, kelahiran dan kematian Nefertiti masih tidak diketahui secara pasti.

Nefertiti adalah istri dari Firaun Akhenaten, yang sebelumnya bernama Amenhotep IV dan ibu tiri Firaun Tutankhamun.

Firaun Akhenaten adalah Raja Mesir kuno yang membuat agama Mesir menjadi pemuja Aten, Dewa Matahari. Ia dikenal sebagai firaun yang membangun ibu kota baru bernama Akhetaten yang sekarang bernama Amarna, dan membangun kuin yang didedikasikan untuk dewa Aten.

Baca juga: Siapa Sosok Asli Mona Lisa di Lukisan Leonardo Da Vinci?

Nefertiti juga disebut dengan nama Neferneferuaten-Nefertiti. Namanya diterjemahkan sebagai 'A Beautiful Woman Has Come' dan seorang ahli Mesir kuno meyakini bahwa dia seorang putri dari Mitanni yang sekarang bernama Suriah, dikutip dari Britannica.

Kendati demikian, hingga saat ini, tidak ada bukti langsung yang cukup kuat untuk menunjukkan bahwa Nefertiti adalah putri kelahiran Mesir dari punggawa Ay, yakni saudara laki-laki dari Ibu Akhenaton, Tiy.

Dalam sebuah catatan sejarah Mesir kuno, Nefertiti memiliki enam putri dengan Firaun Akhenaten, tetapi tidak memiliki seorang anak laki-laki, menurut Joyce Tyldesley, seorang profesor Egyptology di University of Manchester di Inggris.

Apabila catatan sejarah tersebut, maka kemungkinan besar Tutankhamun adalah anak tiri Nefertiti.

Sebab, seorang Firaun Mesir sering memiliki banyak istri dan selir, sehingga jika bukan Nefertiti, maka kemungkinan ibu Firaun Tutankhamun sendiri adalah salah satu di antara selir Akhenaten.

Baca juga: Siapa Saja Penerima Vaksin Cacar Monyet di Indonesia?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com