Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saja Penerima Vaksin Cacar Monyet di Indonesia?

Kompas.com - 25/08/2022, 09:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Meskipun pemerintah berencana melakukan impor 10.000 dosis vaksin cacar monyet ke Indonesia, tetapi vaksin ini tidak akan diberikan kepada semua masyarakat. Penerima vaksin monkeypox akan ditargetkan kepada orang-orang dengan kriteria tertentu.

Sebelumnya, disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers Sabtu (20/8/2022), dalam upaya memerangi penyakit menular cacar monyet yang sudah terdeteksi 1 kasus di Indonesia, pemerintah akan mengadakan 10.000 dosis vaksin penyakit cacar monyet (monkeypox).

“Insya Allah ada sekitar 10.000 vaksin (cacar monyet) nanti kita adakan,” kata Syahril.

Sampai saat ini, Kemenkes belum bisa memberikan daftar nama produk vaksin cacar monyet yang akan diimpor tersebut.

Hal ini dikarenakan, sama dengan berbagai vaksinasi lainnya, proses pengadaan vaksin cacar monyet akan melalui rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Vaksin Cacar Monyet Terbatas, Inggris Uji Coba Dosis Lebih Kecil

Sebelum menentukan target penerima vaksin cacar monyet, saat ini, kata Syahril saat dihubungi Kompas.com pada Senin (22/8/2022), produk-produk vaksin monkeypox yang ada sedang dilakukan uji klinis BPOM bersama dengan Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Kriteria penerima vaksin cacar monyet

Kemenkes menegaskan bahwa pemberian vaksinasi cacar monyet atau monkeypox ini akan berbeda dengan pemberian vaksinasi Covid-19.

Pemberian vaksin Covid-19 dilakukan hampir merata kepada masyarakat karena tingkat penularannya yang jauh lebih cepat dibandingkan infeksi cacar monyet ini.

Selain itu, tingkat fatalitas cacar monyet yang relatif lebih rendah juga menjadi pertimbangan siapa saja yang menjadi penerima vaksin cacar monyet, yakni untuk pemberian vaksinasi pada kelompok-kelompok tertentu saja.

Baca juga: Indonesia Impor 10.000 Vaksin Cacar Monyet, Kemenkes: Bukan Vaksin Cacar Air

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com