Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Sosok Asli Mona Lisa di Lukisan Leonardo Da Vinci?

Kompas.com - 06/01/2023, 18:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar tahun 1503, Leonardo da Vinci seorang seniman, ilmuwan, dan penemu Renaisans Italia melukis sosok Mona Lisa.

Akan tetapi, siapa sebenarnya sosok Mona Lisa dalam lukisan tersebut, apakah sosoknya ada di dunia nyata dan mengilhami da Vinci kala itu untuk melukisnya?

Lukisan sosok seorang perempuan yang tengah tersenyum itu, kini menjadi salah satu lukisan paling terkenal sekaligus termahal.

Artikel di Science ABC menuliskan, Mona Lisa di dunia nyata dipercaya adalah seorang wanita bangsawan Italia bernama Lisa del Giocondo.

Ia merupakan istri seorang pedagang sutra Florentine yang kaya bernama Francesco del Giocondo.

Baca juga: Mengapa Lukisan Mona Lisa Terkenal?

Lukisan Mona Lisa adalah pesanan yang nantinya akan dipajang di rumah baru bangsawan tersebut untuk merayakan kelahiran putra kedua mereka, Andrea.

Akan tetapi, versi lain soal sosok asli Mona Lisa ini juga diungkap dalam sebuah buku berjudul Mona Lisa: The People and The Painting.

Dikutip dari Independent, Jumat (6/1/2023) buku yang menyelidiki latar belakang Lisa del Giocondo ini menuturkan bahwa ia dipaksa menikah dengan Francesco del Giocondo pada usia 15 tahun.

Hal itu yang kemudian membuat para ahli pada akhirnya masih mempertanyakan apa arti senyuman Mona Lisa di lukisan. Apakah senyuman bahagia atau justru senyum kesedihan.

Baca juga: Punya Masalah Ini, Leonardo Da Vinci Tak Rampungkan Lukisan Mona Lisa

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com