Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Minum Air yang Cukup Penting untuk Kesehatan?

Kompas.com - 06/01/2023, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sehari kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas per hari. Mencukupi kebutuhan air sangat penting bagi kesehatan.

Minum air yang cukup secara teratur, dapat menjaga kesehatan tubuh. Manfaat minum air yang cukup ini bahkan telah terbukti secara ilmiah dengan berbagai studi yang telah dilakukan.

Termasuk sebuah studi baru, yang dikutip dari Science Alert, Jumat (6/1/2023), menunjukkan beberapa alasan bagus agar tubuh kita dapat ptetap terhidrasi dengan baik.

Salah satunya, dengan minum air yang cukup, maka berisiko rendah mengalami kondisi kesehatan kronis dan peluang untuk hidup lebih lama akan semakin besar.

Studi manfaat minum air yang cukup

Studi ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan terhadap 11.255 orang dewasa yang diberi pertanyaan sebanyak lima kali selama 25 tahun, terkait faktor-faktor seperti status sosial ekonomi dan riwayat kesehatan keluarga.

Para peneliti melakukan uji klinis pada para sukarelawan dengan memberikan natrium pada serum darah mereka, yang kemudian dijadikan indikator asupan cairan mereka.

Baca juga: Sahur Jangan Hanya Minum Air Putih, Perhatikan Asupan Air dari Makanan Ini

Biasanya, semakin banyak air yang kita minum, maka akan semakin rendah natrium dalam aliran darah kita.

"Hasilnya menunjukkan bahwa hidrasi yang tepat dapat memperlambat penuaan dan memperpanjang hidup bebas penyakit," kata ilmuwan penelitian Natalia Dmitrieva, dari National Heart Lung and Blood Institute (NHLBI) di Maryland.

Sementara penelitian sebelumnya telah menyoroti hubungan antara kadar natrium yang lebih tinggi dalam darah, serita peningkatan risiko gagal jantung.

Kadar natrium dalam darah seseorang, rata-rata normal biasanya akan turun antara 125 hingga 146 miliekuivalen per liter (mEq/L).

Namun, dalam studi ini, sampel serum dengan kadar natrium yang lebih tinggi juga lebih mungkin mengandung hingga 15 penanda berbeda terkait kesehatan biologis dan penuaan.

Sebagai contoh, apabila peserta studi memiliki kadar natrium di atas 142 mE/L yang menunjukkan bahwa mereka tidak minum cukup air, memiliki setidaknya 10-15 persen risiko untuk menjadi lebih tua secara biologis dari usia asli mereka.

Baca juga: Mengapa Manusia Tak Bisa Minum Air Asin?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com