Kompas.com - 19/04/2022, 04:02 WIB


KOMPAS.com - Selain tidak melewatkan makan sahur, penting juga untuk memperhatikan asupan air agar tubuh tetap terhidrasi selama menjalankan puasa Ramadhan esok hari. Namun, penting juga untuk tidak hanya minum air putih saat sahur.

Sebab, sahur dan berbuka puasa adalah dua elemen penting dalam ibadah puasa Ramadhan.

Seperti dikutip dari Gulf News, Selasa (19/4/2022), sahur dan buka puasa adalah dua waktu yang sangat penting bagi tubuh.

Waktu sahur adalah saat kita memberikan tubuh asupan makanan agar dapat kuat menjalani puasa sehari penuh selama Ramadhan. Sedangkan buka puasa adalah waktu di saat tubuh kita perlu diisi kembali dengan makanan sehat, agar dapat melanjutkan puasa pada keesokan harinya.

Namun demikian, tak sedikit orang yang mungkin sering melewatkan makan sahur dan memilih hanya minum segelas air atau dengan jumlah yang banyak, dengan harapan tubuh mereka cukup terhidrasi untuk bertahan menjalani puasa sehari penuh.

"Minum lebih banyak air (saat sahur) tidak berarti Anda akan terhidrasi, karena itu hanya akan memberikan manfaat jangka pendek," kata Shugufta M. Zubair, petugas kesehatan Kota Dubai.

Baca juga: Ini Saran Menu Sahur dan Berbuka agar Tak Lemas Saat Puasa

Kendati manfaat air baik untuk tubuh, tetapi, ia mengingatkan agar orang tetap tidak boleh melupakan atau melewatkan makan sahur, atau hanya sekadar sahur dengan minum air putih saja.

Dikutip dari Times of India, ada banyak jenis makanan yang dapat memberikan cukup asupan air untuk tubuh selama menjalani puasa Ramadhan.

Berikut beberapa jenis makanan dengan kandungan air yang banyak yang dapat membantu tubuh tetap terhidrasi selama sehari penuh berpuasa, yang dapat dikonsumsi baik saat sahur maupun berbuka puasa.

1. Timun: buah ini mengandung 95 persen air, serta mengandung vitamin dan mineral penting yang akan dapat membuat Anda tetap berenergi sepanjang puasa.

Bahkan, manfaat timun, dengan kandungan mineral yang dimiliki akan dapat mengatur pergerakan usus.

2. Semangka: Saat sahur, disarankan untuk minum air putih yang cukup. Namun, merkuri yang meningkat mungkin akan membuat Anda mengalami dehidrasi selama waktu puasa. 

Baca juga: Cegah Dehidrasi, Patuhi Aturan Minum Saat Sahur dan Buka Puasa Ini

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.