Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Lukisan Mona Lisa menjadi salah satu lukisan paling terkenal dan juga termahal di dunia. Tahun 2021, lukisan tersebut ditaksir seharga lebih dari $867 juta.

Leonardo da Vinci, seorang seniman, ilmuwan dan penemu Renaisans Italia, merupakan sosok yang melukis Mona Lisa pada tahun 1503 hingga 1506 di Florence, Italia.

Lalu ia sendiri memerlukan waktu empat tahun untuk menyelesaikan lukisan tersebut, terlepas ukurannya yang sebenarnya cukup kecil.

Namun di balik popularitasnya, mungkin masih ada publik yang masih penasaran apa keunikan lukisan Mona Lisa, sehingga membuatnya terkenal dan sangat berharga.

Teknik lukisan Mona Lisa

Dikutip dari Science ABC, Selasa (3/1/2023) da Vinci rupanya menggunakan beberapa teknik unik dan inovatif untuk melukis Mona Lisa.

Baca juga: Lukisan Burung Orang Mesir Kuno Ini untuk Hiasi Ruangan Santai

Hasilnya, lukisan Mona Lisa ini mendefinisikan kembali aturan seni kontemporer pada waktu itu dan metode yang ia gunakan menjadi bagian integral dari kurikulum sekolah seni saat ini.

Salah satu teknik itu bernama sfumato, yang diterjemahkan menjadi 'tanpa garis atau pembatas, seperti asap'.

Biasanya seniman pada masa itu membentuk garis luar sedangkan da Vinci tak menggunakan garis luar, tetapi menggunakan rona yang berbeda untuk menciptakan ilusi cahaya dan bayangan.

Penggunaan teknik tersebut pada pembuatan lukisan Mona Lisa ini, pada akhirnya juga membangkitkan minat komunitas seni di Paris dan Leonardo da Vinci pun dielu-elukan sebagai pelopor inovasi seni lukis.

Baca juga: Lukisan Goa Tertua di Sulawesi Terancam Hilang, Ini 6 Faktor Penyebabnya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com