Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Goa Tertua Sulawesi, Ungkap Migrasi Manusia Purba di Indonesia

Kompas.com - 14/01/2021, 18:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Lukisan goa tertua di dunia yang ditemukan di Sulawesi diyakini berusia 45.500 tahun yang lalu. Penemuan gambar cadas tersebut memberikan pemahaman tentang sejarah migrasi manusia purba modern (Homo sapiens) di Nusantara, Indonesia.

Rekan penulis dan pakar gambar cadas Indonesia, Adhi Agus Oktaviana, mengatakan temuan tersebut amat penting dalam memahami pola dan jalur migrasi manusia modern ke Nusantara, sekaligus adaptasi mereka di kepulauan.

"Selama Zaman Es berlangsung, selat-selat dalam yang mengelilingi Sulawesi tidak pernah mengering, sehingga mustahil bagi manusia prasejarah untuk masuk ke wilayah ini tanpa menyeberangi lautan," jelas Adhi saat dihubungi Kompas.com via WhatsApp, Kamis (14/1/2021.

Hal ini, kata Adhi, mengindikasikan teknologi maritim mungkin telah dikuasai oleh manusia modern awal yang masuk ke Nusantara sejak puluhan ribu tahun yang lalu.

Baca juga: Ahli Temukan Lukisan Purba Sepanjang 13 Kilometer di Pedalaman Amazon

 

Lukisan prasejarah di dinding goa Leang Tedongnge ini menggambarkan babi kutil Sulawesi yang merupakan hewan endemik Indonesia di pulau ini. 

Profesor Maxime Aubert, spesialis pertanggalan dari Griffith Center for Social Science and Cultural Research mengungkapkan bahwa babi adalah hewan yang paling sering digambarkan pada gambar cadas zaman es di pulau ini.

Kemungkinan hewan ini memiliki nilai penting, baik sebagai makanan maupun sebagai ide kreatif dan ekspresi seni, kata Prof Aubert.

Analisis usia lukisan gua

Untuk mengetahui usia lukisan goa tertua di dunia tersebut, peneliti menggunakan penanggalan seri uranium, sebuah metode yang mengukur peluruhan radioaktif uranium.

Baca juga: Jejak Kaki Berusia 120.000 Tahun, Ungkap Rute Migrasi Manusia Purba dari Afrika

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com