Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2023, 07:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehidupan pribadi Leonardo da Vinci hingga saat ini tidak banyak yang diketahui, termasuk keluarga atau bahkan ibu pelukis lukisan legendaris Mona Lisa ini.

Da Vinci dikenal sebagai seniman, penemu, dan ahli anatomi Renaisans yang hebat. 

Kini kumpulan dokumen baru yang ditemukan di dalam Arsip Negara Florence menjadi titik terang dari asal-usul Leonardo da Vinci. Dokumen itu ditemukan oleh seorang sejarawan Italia.

Jadi, siapakah sosok sebenarnya ibu Leonardo da Vinci?

Dalam dokumen baru berusia 600 tahun tersebut menunjukkan bahwa ibu Leonardo da Vinci adalah seorang gadis budak yang diculik saat remaja dari Kaukasus lalu dikirim ke Italia.

Baca juga: Siapa Sosok Asli Mona Lisa di Lukisan Leonardo Da Vinci?

Jika dokumen tentang ibu dan asal-usul Leonardo da Vinci ini memang benar akurat, itu berarti ia tidak sepenuhnya berdarah Italia.

"Ibu Leonardo adalah seorang budak Sirkasia. Ia diambil dari rumahnya di Pegunungan Kaukasus, dijual dan dijual kembali beberapa kali di Konstantinopel, lalu Venesia, sebelum akhirnya tiba di Florence," terang Carlo Vecce, penemu dokumen dan profesor sastra Italia di Universitas 'L'Orientale' Napoli, mengutip Live Science, Kamis (16/3/2023).

Di Florence ini lah, ibu da Vinci yang bernama Caterina bertemu dengan notaris muda bernama Piero da Vinci yang merupakan ayah Leonardo.

Sejarah keluarga Leonardo da Vinci

Meneliti sejarah keluarga pelukis Mona Lisa, Leonardo da Vinci terbilang sulit karena sampai saat ini hanya nenek moyang sang ayah saja yang dapat ditelusuri denganbaik.

Baca juga: Siapa Itu Nefertiti, Sosok Ratu Mesir Kuno yang Dikenal Karismatik?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com