Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Wilayah kutub dikenal sebagai area dingin yang tertutup salju. Akan tetapi, apa sih sebenarnya yang ada di bawah lapisan salju tersebut jika kita menggali cukup dalam?

Apakah di bawah lapisan es kutub dapat ditemukan lumpur, batu, air, lebih banyak es, atau hal lain yang tidak kita prediksi sebelumnya?

Dikutip dari IFL Science, Selasa (11/7/2023) untuk menjawabnya itu tergantung bagian mana yang kita gali, apakah Kutub Utara atau Selatan.

Di bawah lapisan es Antartika

Antartika berada di Belahan Bumi Selatan dan merupakan benua yang sebenarnya. Artinya di bawah es terdapat daratan berbatu kuno yang telah ada selama jutaan tahun.

Menurut National Science Foundation es di Antartika memiiliki kedalaman 4.776 meter dan ketebalan rata-rata 2.160 meter.

Secara total, Antartika menampung 27 juta Km kubik air beku yang jika mencair akan menghasilkan kenaikan permukaan laut sekitar 58 meter.

Baca juga: Apa Saja yang Bisa Ditemukan di Laut Dalam?

Peneliti telah mengebor lubang ke dalam lapisan es Antartika dengan kedalaman lebih dari 2000 meter. Mereka juga telah menempatkan kamera di beberapa lubang bor yang lebih dangkal.

Namun tampaknya, kedalaman ini belum bisa mengungkap lebih banyak mengenai apa yang ada di bawah es Antartika.

Di bawah lapisan es Arktik

Sementara itu, Arktik berada di Belahan Bumi Utara dan hanyalah lapisan es yang menutupi laut.

Es Arktik tidak sedalam Antartika. Faktanya, ketebalannya hanya 3 hingga 4 meter saja.

Di bawah lapisan es Arktik seseorang akan menemukan perairan Samudra Arktik, samudra paling dangkal di antara lima samudra utama dunia lainnya. Samudra ini memiliki kedalaman rata-rata hanya 1.038 meter.

Baca juga: Apa Saja yang Dibawa Juice dalam Misi Eksplorasi ke Bulan Jupiter?

 

Namun pada tahun 2013, para ilmuwan dari Lamont-Doherty Earth Observatory, Colombia University menghabiskan banyak waktu menjelajahi dan mengumpulkan informasi tentang dunia di bawah es Arktik.

Mereka mengirim kamera ke perairan Samudra Arktik dan mengumpulkan rekaman video dari dasar laut.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa di Samudra Arktik terdapat dasar laut berlumpur yang ditutupi alga dalam jumlah yang mengejutkan.

Mereka bahkan merekam isopoda yang berkeliaran di dasar laut, meskipun mereka tidak tahu spesies apa atau bagaimana mereka hidup.

"Di Kutub Utara, kita memiliki kehidupan yang tumbuh di dalam es pada suhu di bawah titik beku," kata Andy Juhl, ahli ekologi akuatik dan ahli kelautan.

Es belum tentu merupakan habitat yang tidak ramah, dan di planet lain di mana kita melihat es, itu adalah tempat di mana kita mungkin harus mencari tanda-tanda kehidupan.

Baca juga: Apa Saja yang Manusia Tinggalkan Saat Mendarat di Bulan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com