Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Manusia Tinggalkan Saat Mendarat di Bulan?

Kompas.com - 17/02/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan menjadi salah satu tujuan eksplorasi luar angkasa manusia. Pendaratan pertama di satelit alami Bumi itu bahkan sudah tercapai pada tahun 1969 melalui misi Apollo 11.

Namun apa yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah di balik prestasi manusia yang membanggakan itu, mereka juga meninggalkan beberapa hal di Bulan.

Beberapa hal yang ditinggalkan itu terbagi dalam tiga kategori, memorabilia, sisa-sisa dari misi dan juga limbah astronot.

Benda yang ditinggalkan manusia di Bulan

Berikut beberapa benda yang ditinggalkan manusia setelah misi di Bulan selesai seperti dikutip dari Science ABC, Kamis (16/2/2023).

Plakat

Di lokasi pendaratan Apollo 11, sebuah plakat yang ditandatangani oleh kru dan kemudian Presiden AS Richard M. Nixon ditempatkan dengan tulisan, “Di sini orang-orang dari planet Bumi pertama kali menginjakkan kaki di Bulan Juli 1969, A.D. Kami datang dengan damai untuk seluruh umat manusia.”

Pencapaian ini cukup besar untuk melampaui Perang Dingin yang sedang berlangsung;

Baca juga: Apa Itu Fenomena Bulan Bercincin yang Disebut Halo?

Selain itu, benda yang ditinggalkan manusia di Bulan adalah dua medali milik mendiang kosmonot Soviet Yuri Gagarin dan Vladimir Komarov, yang telah meninggal dunia selama misi, yang ditinggalkan oleh astronot Amerika.

Bendera Amerika

Keenam misi berawak Apollo membawa bendera Amerika dan berhasil menempatkannya di tanah bulan.

Namun, karena paparan langsung sinar UV, bendera tersebut kemungkinan besar telah memudar dan berubah warnanya menjadi putih.

Cakram pesan niat baik

Misi berawak pertama Apollo 11 membawa serta kotak silinder kecil seukuran uang kertas setengah dolar, berisi gulungan dengan salam dari kepala negara dari 73 negara, termasuk sekarang non-negara Yugoslavia dan Republik Dahomey.

Teks yang tertulis di gulungan yang ditinggalkan para astronot di Bulan itu diperkecil 200 kali lipat, mengingat ukuran kotaknya, dan hanya bisa dibaca menggunakan kaca pembesar. Bagian luarnya terdapat ukiran “Dari Planet Bumi – Juli 1969”.

Baca juga: Apa Itu Fenomena Gerhana Bulan Total?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com