Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Gejala Kolesterol Tinggi?

Kompas.com - 30/06/2023, 20:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi adalah kondisi kita memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah sehingga dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. 

Siapa saja dapat memiliki kolesterol tinggi. Penyebabnya bisa berbagai hal, termasuk gaya hidup kurang sehat seperti jarang beraktivitas, merokok, dan terlalu banyak makan lemak jenuh.

Apa gejala kolesterol tinggi?

Melansir British Heart Foundation (BHF), biasanya tidak ada gejala yang ditunjukkan akibat kolesterol tinggi. 

Tetapi, jika tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Keduanya sering merupakan faktor risiko tersembunyi, yang bisa terjadi tanpa kita sadari hingga terlambat. 

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga

Oleh sebab itu, dan karena tidak ada gejala spesifik dari kolesterol tinggi, sangat penting untuk memeriksakan kadar kolesterol secara rutin.

Makanan untuk menurunkan kolesterol 

Ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol, salah satunya adalah mengonsumsi makanan tertentu. Dikutip dari Healthline, berikut adalah 5 makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi:

1. Kacang-kacangan

Sebuah tinjauan terhadap 26 studi mengatakan, makan 100 gram kacang-kacangan setiap hari efektif menurunkan kolesterol rata-rata 6,6 mg/dl.

Terlebih lagi, kacang-kacangan menyediakan fitosterol, yakni senyawa tumbuhan yang mampu menghalangi penyerapan kolesterol di usus.

Baca juga: Siapa Saja yang Harus Rutin Cek Kadar Kolesterol?

2. Alpukat

Makanan penurun kolesterol yang kedua adalah alpukat. Buah dengan daging berwarna hijau kekuningan ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat yang ampuh untuk turunkan kolesterol.

Sebuah penelitian mengatakan, orang dewasa dengan obesitas dan kolesterol tinggi akan mengalami penurunan kolesterol jika mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari.

3. Ikan salmon

Ikan berlemak, termasuk ikan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan.

Omega-3 mampu meningkatkan kesehatan jantung serta meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: Apakah Anak Muda Bisa Memiliki Kolesterol Tinggi?

4. Biji-bijian

Biji-bijian seperti oat dan barley juga termasuk makanan penurun kolesterol yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah tinjauan terhadap 45 penelitian mengatakan, mengonsumsi tiga porsi biji-bijian setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 20 persen.

5. Cokelat hitam

Secara ilmiah, cokelat hitam telah terbukti masuk dalam daftar makanan penurun kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi mengatakan, orang dewasa yang minum cokelat hitam dua kali sehari selama sebulan mengalami penurunan kolesterol hingga 6,5 mg/dl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com