Sejak Kapan Manusia Percaya Ada Alien?

Kompas.com - 30/06/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - "Apakah alien itu ada?" adalah pertanyaan yang sangat menarik dan sejak lama coba dipahami, dieksplorasi, dan dipecahkan oleh para ilmuwan.

Dalam berbagai literatur dan film, kita dapat menemukan banyak gagasan tentang alien; seperti apa wujud mereka, bahasa apa yang mereka gunakan, dan bagaimana cara mereka datang ke Bumi.

Lantas, sejak kapan manusia percaya ada makhluk lain di semesta yang luas ini? Dan sejauh ini, adakah bukti tentang keberadaan alien?

Gagasan awal keberadaan alien

Ide tentang kehidupan lain di alam semesta sudah ada sejak zaman kuno. Namun, melansir BBC Science Focus Magazine, menurut David Dunér, profesor sejarah sains di Lund University, Swedia, jika lebih spesifik, penting untuk mempertimbangkan kemungkinan pada abad ke-16 dan ke-17.

Baca juga: Mengapa Alien Tidak Pernah Terdeteksi?

Masa tersebut adalah zaman revolusi Copernicus, ketika Bumi diketahui sebagai planet yang mengelilingi Matahari dan Matahari dipercaya sebagai bintang.

Ini berarti bahwa semua bintang lain di alam semesta juga memiliki potensi untuk memiliki planet di sekitar mereka.

Selama abad ke-18 dan ke-19, para ilmuwan mulai memikirkan cara agar dapat berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa

Berpikir bahwa Bulan dapat dihuni, matematikawan asal Jerman, Carl Friedrich Gauss, menyarankan untuk menebang sebagian besar hutan Siberia agar menampilkan bentuk geometris.

Untuk memastikan bahwa sinyal tersebut tidak disalahartikan sebagai fenomena alam, ia menyarankan agar hutan dipotong menjadi representasi geometris dari teorema Pythagoras.