Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2022, 09:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber NASA

KOMPAS.com - Manusia sering mempertanyakan keberadaan makhluk hidup selain di Bumi.

Hingga saat ini, pertanyaan tersebut belum menemukan jawaban yang pasti, tetapi banyak penemuan yang berusaha menemukan tanda-tanda kehidupan ekstraterestrial.

Apakah alien ada?

Ini merupakan pertanyaan yang sejak lama coba dipahami, dijelajahi, dan dipecahkan oleh para ilmuwan dari National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Para ilmuwan tersebut belum menemukan kehidupan selain di Bumi dan belum menemukan bukti yang didukung secara ilmiah mengenai adanya kehidupan ekstraterestrial.

Definisi tentang lingkungan yang layak huni pun terus berkembang. Di luar Bumi, ilmuwan masih melakukan pencarian. 

Baca juga: Bagaimana Cara Ilmuwan Mencari Kehidupan Alien?

NASA telah mengirim lima penemu dan empat pendarat ke permukaan Mars. 

Selain itu, pengorbit telah dilengkapi dengan beberapa kamera luar biasa untuk mengambil gambar seluruh permukaan Planet Merah. 

Tetapi, NASA baru menjelajahi sebagian kecil Mars dan itu hanya salah satu planet yang menjanjikan untuk mencari kehidupan di tata surya.

Kemudian, asa bulan-bulan es di tata surya luar, seperti bulan Saturnus Enceladus dan bulan Jupiter Europa, yang tampaknya memiliki lautan di bawah permukaannya yang dapat dihuni.

Terlebih lagi, semakin banyak exoplanet yang ditemukan di sekitar bintang lain, semakin banyak ilmuwan belajar tentang beragam lingkungan berbeda yang bisa ada untuk kehidupan.

Baca juga: Sinyal dari Alien Ditangkap Teleskop Radio China, Apa Itu?

Oleh sebab itu, belum bisa dipastikan apakah alien atau kehidupan ekstraterestrial itu ada atau tidak.

Carl Sagan, astronom asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa “Alam semesta adalah tempat yang cukup besar. Jika hanya ada kita, sepertinya itu adalah pemborosan ruang yang mengerikan.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com