Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal dari Alien Ditangkap Teleskop Radio China, Apa Itu?

Kompas.com - 17/06/2022, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Astronom China mengklaim bahwa teleskop 'Sky Eye' yang sangat besar milik negeri tirai bambu itu telah menerima jejak sinyal dari peradaban alien yang jauh.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan, Selasa (14/6/2022) di Science and Technology Daily, media resmi Kementerian Sains dan Teknologi China, para astronom di Beijing Normal University telah menemukan beberapa kasus kemungkinan jejak teknologi dan peradaban luar angkasa dari luar Bumi.

Sinyal tersebut ditangkap oleh Five-hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST) China atau yang sering disebut dengan nama Sky Eye.

Dikutip dari Live Science, Kamis (16/6/2022), teleskop Sky Eye adalah teleskop radio terbesar di dunia mulai bekerja memindai luar angkasa untuk mencari sinyal radio yang dapat mengindikasikan kehidupan di luar Bumi pada tahun 2019. Teleskop kemudian menyaring data itu pada tahun 2020.

Dalam analisis data tersebut peneliti menemukan dua gelombang radio narrow-band yang mencurigakan, sinyal radio yang berpotensi buatan.

Baca juga: Bagaimana Teleskop Luar Angkasa James Webb Bantu Lacak Kehidupan Alien?

Selanjutnya, pada tahun 2022 dalam survei ditargetkan terhadap planet ekstrasurya atau exoplanet, peneliti kembali menemukan teleskop radio China menangkap sinyal radio narrow-band aneh, sehingga jumlahnya menjadi tiga.

Karena sinyalnya adalah gelombang radio narrow-band yang biasanya hanya digunakan oleh pesawat dan satelit manusia, sinyal tersebut bisa saja dihasilkan oleh teknologi alien.

Namun, para ilmuwan mengatakan temuan mereka masih awal dan harus diambil dengan hati-hati sampai analisis selesai.

"Ini adalah beberapa sinyal elektromagnetik narrow-band yang berbeda dari masa lalu, dan tim saat ini sedang mengerjakan penyelidikan lebih lanjut," kata Zhang Tongjie, kepala ilmuwan di China Extraterrestrial Civilization Research Group di Beijing Normal University, kepada Science and Technology Daily.

"Kemungkinan sinyal yang mencurigakan (diduga sinyal dari alien) itu bisa juga semacam gangguan radio dan itu perlu dikonfirmasi lebih lanjut. Ini mungkin proses yang panjang," tambah Tongjie.

Baca juga: Sinyal Misterius Diduga dari Alien, Ternyata Sinyal Radio Buatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com