Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah NASA Akan Kirim Foto Telanjang Manusia untuk Menarik Perhatian Alien?

Kompas.com - 14/05/2022, 20:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- NASA dikabarkan akan mengirimkan foto telanjang manusia ke luar angkasa untuk menarik perhatian alien. Benarkah begitu?

Dilansir dari Snopes, Sabtu (14/5/2022) seorang juru bicara NASA mengatakan bahwa ide mengirimkan foto telanjang manusia ke luar angkasa itu adalah eksperimen pemikiran yang ditulis oleh dua ilmuwan NASA, tetapi tidak di bawah arahan badan antariksa AS.

Kedua penulis studi tersebut adalah Jonathan Jiang dan Kristen Fehy yang keduanya dipekerjakan oleh NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL).

Keduanya diketahui berkontribusi pada beberapa penelitian-penelitian NASA karena beberapa pekerjaan bersinggungan dengan bidang keahlian mereka, tetapi eksperimen mengirimkan foto telanjang manusia ini bukan pekerjaan yang diperintahkan oleh NASA.

Ide NASA kirim foto manusia telanjang ke luar angkasa

Jiang yang terlibat dalam studi ini pun menjelaskan bahwa eksperimen mengirimkan gambar manusia telanjang ke luar angkasa, dilakukan dengan hipotesis awal yakni kita membutuhkan mengirimkan sebuah pesan kepada potensi kehidupan asing di luar kehidupan manusia di planet Bumi.

Baca juga: Demi Cari Alien, Peneliti NASA Bikin Struktur Mirip DNA

Di balik eksperimen NASA akan kirim foto manusia telanjang ke luar angkasa untuk menarik perhatian alien ini, ilmuwan meyakini bahwa potensi kehidupan asing yang akrab kita sebut alien ini, mungkin saja ada di suatu tempat di galaksi Bima Sakti.

Untuk itu, kata Jiang, studi ini sebenarnya menyajikan ide dan konsep ilmiah yang bertujuan sebagai salah satu sarana komunikasi yang mungkin akan menarik bagi kehidupan alien, jika itu memang ada.

“Jadi, ini adalah salah satu motivasi utama mengapa kami menerbitkan (studi eksperimen) ini. Kami ingin mempublikasikan ini dalam literatur terbuka sehingga semua orang dapat melihatnya. Tujuannya adalah untuk mendorong diskusi dan membawa kesadaran orang-orang bahwa kita adalah warga bumi, dan kita memiliki nasib yang sama,” jelasnya.

“Kita tidak tahu apakah kita sendirian di alam semesta. Atau kenapa kita tidak tahu. Tapi studi ini, konsep ini, akan memancing pemikiran orang,” tambahnya.

Selain itu, ditargetkan saat kehidupan asing di luar angkasa menemukan gambar atau foto manusia telanjang ini, dan menyadari bahwa ini adalah pesan dari manusia di Bumi, maka ini akan menjadi “alat komunikasi universal”.

Baca juga: Gabung Breakthrough Listen, Teleskop Pemburu Planet NASA Ikut Cari Alien

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com