Kompas.com - 14/05/2022, 09:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Alien yang tak pernah mengunjungi bumi telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade, tapi akhirnya dua peneliti menemukan penjelasan yang mungkin atas hal tersebut.

Hipotesis terbaru untuk menjawab alasan ini menunjukkan, saat peradaban penjelajah ruang angkasa tumbuh seiring perkembangan teknologi dan telah mencapai titik inovasi yang tak lagi memenuhi permintaan energi, maka terjadilah keruntuhan.

Satu-satunya jalan alternatif adalah menolak model perkembangan yang tak ada habisnya demi mempertahankan keseimbangan, tapi mengorbankan kemampuan peradaban untuk berkembang melintasi bintang-bintang.

Argumen yang diterbitkan pada 4 Mei di jurnal Royal Society Open Science tersebut mencoba menemukan resolusi terkait kontradiksi antara ruang lingkup yang sangat luas dan usia alam semesta.