Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2023, 18:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Planet Mars menjadi tujuan jangka panjang manusia mengeksplorasi luar angkasa, termasuk membangun koloni di sana.

Untuk tinggal di Mars, planet yang diketahui memiliki lingkungan ekstrem ini tentu menjadi tantangan yang harus dihadapi koloni di masa depan. 

Selain itu, untuk mencapai Planet Meral ini juga tidak mudah, bukan hanya karena jarak tempuhnya melainkan juga kondisi Mars yang jauh berbeda dengan Bumi.

Itu mengapa berbagai persiapan perlu dilakukan, bahkan mulai dari jauh-jauh hari sebelum misi berawak diluncurkan ke sana, salah satunya, bagaimana membayangkan untuk dapat tinggal di sana. 

Kini, berita terbaru empat sukarelawan akan menjalan Misi Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA), yang merupakan misi NASA pertama dari tiga yang direncanakan untuk simulasi tinggal di permukaan Planet Mars.

Baca juga: Seperti Apa Beton untuk Membangun Pemukiman di Mars?

Empat relawan tersebut akan dikurung di dalam simulasi tinggal di habitat Mars.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, mereka baru akan keluar dari percobaan tahun depan.

Tantangan di simulasi Mars

Dikutip dari IFL Science, Rabu (28/6/2023) relawan yang terdiri ahli mikrobiologi dan dokter akan mengambil peran astronot sebagai insinyur penerbangan, petugas medis, petugas sains, dan komandan, selama mereka tinggal di simulasi habitat bernama Mars Dune Alpha.

Tempat yang dicetak 3 dimensi itu memiliki luas 158 meter persegi,

Selain tekanan psikologis karena jauh dari orang yang dicintai selama setahun, relawan akan menghadapi tantangan yang ditetapkan oleh peneliti yang mengawasi mereka.

CHAPEA akan menampilkan simulasi kondisi yang akan dihadapi awak misi Mars, termasuk sumber daya yang terbatas dan penundaan komunikasi yang berlangsung antara 5 dan 20 menit.

 

Baca juga: Seperti Apa Penampakan Satelit Terkecil Planet Mars?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com