Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2023, 18:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Strawberry atau buah stroberi adalah jenis buah yang paling populer di dunia. Meski banyak dibudidayakan di berbagai negara dunia, namun sebenarnya dari mana asal buah stroberi?

Dilansir dari The Spruce Eats, Kamis (22/6/2023), tanaman stroberi adalah anggota keluarga mawar, dengan varietas yang paling umum yakni hibrida dari buah stroberi liar asal Virginia, asli Amerika Utara dan varietas Chili.

Tanaman stroberi menghasilkan buah yang sangat lezat, berwarna merah, berbentuk kerucut dari bunga putih kecil dan memiliki biji tunas di seluruh permukaan buahnya.

Buah stroberi memiliki nama latin Fragaria ananassa. Strawberry atau tanaman stroberi adalah jenis tanaman hibrida yang banyak ditanam dari genus Fragaria.

Seperti dilansir dari World Atlas, buah stroberi telah dibudidayakan secara global karena kelezatan buahnya yang manis dan sedikit asam.

Baca juga: Dari Mana Asal Penguin Kaisar?

Buah stroberi sering dikonsumsi secara langsung, atau kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga menjadi pemanis untuk sajian kue dan makanan lainnya.

Lantas, dari mana stroberi berasal?

Strawberry diperoleh dari persilangan antara genus Fragaria yakni spesies Fragaria virginiana dari timur Amerika Utara dan Fragaria chiloensis dari Chili yang dibawa pada tahun 1714.

Namun, kultivar Fragaria ananassa telah mendominasi produksi komersial buah stroberi di dunia.

Genus Fragaria adalah genus yang memiliki sedikitnya 20 spesies tanaman berbunga dalam keluarga mawar (Rosaceae) dan buahnya dapat dimakan, termasuk buah stroberi.

Baca juga: Dari Mana Asal Sel Punca?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com