Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 09:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Emperor penguin atau penguin kaisar adalah penguin tertinggi dan terbesar dibandingkan spesies penguin lainnya.

Habitat penguin kaisar adalah kawasan Kutub Selatan, Antartika. Koloni penguin ini dapat ditemukan di Bumi selatan, menghuni kawasan yang seluruh permukaannya tertutup lapisan es padat di benua Antartika dan di sepanjang garis pantai.

Seperti dikutip dari AZ Animals, Senin (23/1/2023), setiap tahunnya, koloni penguin kaisar akan datang ke daratan untuk berkembang biak.

Koloni penguin kaisar bisa menempuh jarak hingga 200 Km melintasi es untuk mencari koloni pembiakan sebelum kembali ke laut terbuka untuk mencari makan.

Baca juga: Dari Mana Asal Penguin? Studi Genom Berhasil Temukan Jawabannya

Berbeda dengan sejumlah spesies penguin lainnya yang mungkin akan menempuh perjalanan menuju benua Antartika dari waktu ke waktu.

Penguin kaisar atau Aptenodytes forsteri ini tidak melakukan migrasi ke utara, malah mereka akan menghabiskan sepanjang tahun jauh di Samudra Selatan.

Sejauh ini, hanya dua dari 40 koloni penguin kaisar yang diketahui berkembang biak di atas es yang tidak menempel di daratan Antartika.

Kendati demikian, seiring dengan meningkatnya ancaman perubahan iklim dan segala bentuk pemanasan global, keberadaan koloni penguin kaisar kian terdampak.

Baca juga: Dari Mana Asal Angin dan Bagaimana Angin Bertiup?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com