Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Mana Asal Angin dan Bagaimana Angin Bertiup?

Kompas.com - 12/02/2021, 13:10 WIB
Dea Syifa Ananda,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Angin adalah pergerakan udara yang disebabkan oleh pemanasan bumi yang tidak merata oleh matahari. Angin tidak memiliki banyak substansi.

Maka dari itu, angin adalah rahasia alam semesta yang hanya dapat dirasakan dan tidak dapat dilihat secara langsung seperti apa bentuknya.

Bagi manusia, angin dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari seperti bermain layangan, mengeringkan baju, menggerakkan kapal layar melintasi lautan, membantu tanaman tumbuh, dan lain sebagainya.

Angin merupakan penyeimbang atmosfer yang hebat, yang mengangkut panas, kelembaban, polutan, dan debu ke tempat yang jauh ke seluruh dunia.

Tapi, darimana asal angin dan bagaimana angin bisa bertiup?

Baca juga: Bagaimana Angin di Bumi Tercipta?

 

Melansir National Geographic, Jumat (12/2/2021) perbedaan tekanan atmosfer lah yang akan menghasilkan angin. Di khatulistiwa, matahari menghangatkan air dan daratan lebih dari belahan bumi lainnya.

Udara khatulistiwa yang hangat naik lebih tinggi ke atmosfer dan bermigrasi ke kutub, dan akan menghasilkan tekanan rendah.

Sebaliknya, jika udara yang lebih dingin dan lebih padat bergerak di atas permukaan bumi menuju khatulistiwa untuk menggantikan udara panas, akan menghasilkan tekanan yang tinggi.

Baca juga: Pemanasan Global Berdampak pada Perubahan Angin, Ilmuwan Jelaskan

 

 

Biasanya angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. 

Batas antara dua area ini disebut front. Hubungan yang kompleks antara front menyebabkan berbagai jenis angin dan pola cuaca. 

Angin yang berlaku adalah angin yang bertiup dari satu arah di atas wilayah tertentu di Bumi. Area tempat pertemuan angin yang ini disebut zona konvergensi.

Umumnya, angin bertiup dari timur-barat, bukan utara-selatan. Ini terjadi karena rotasi bumi menghasilkan apa yang dikenal sebagai efek Coriolis.

Baca juga: Kenali 7 Tanda Datangnya Angin Puting Beliung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com