Dari Mana Asal Penguin? Studi Genom Berhasil Temukan Jawabannya

Kompas.com - 24/08/2020, 19:02 WIB
Koloni penguin kaisar (Emperor penguin) bernama latin Aptenodytes forsteri di Antartika. WIKIMEDIA COMMONS/Christopher MichelKoloni penguin kaisar (Emperor penguin) bernama latin Aptenodytes forsteri di Antartika.


KOMPAS.com- Selama ini penguin identik berasal dari wilayah dingin, seperti Antartika. Tapi siapa sangka jika apa yang selama kita pikirkan itu tidak sepenuhnya benar.

Sebuah studi genom baru berhasil mengungkap kapan dan di mana asal penguin modern.

Studi tersebut menunjukkan bahwa burung yang tak bisa terbang itu justru berasal dari perairan pesisir Australia dan Selandia Baru.

Seperti dikutip dari New Atlas, Senin (23/8/2020) studi genom penguin ini dilakukan dengan mengumpulkan sampel darah dan jaringan dari 18 spesies penguin.

Baca juga: Kekuatan Kotoran, Ungkap Keberadaan Koloni Penguin Kaisar yang Tersembunyi

 

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal PNAS bertujuan untuk mengurutkan genom penguin dan secara efektif memetakan evolusinya saat menyebar ke seluruh dunia.

Bukti genetik ternyata mengungkapkan jika asal penguin pertama kali muncul di perairan pesisir Australia dan Selandia Baru yang relatif lebih hangat sekitar 21 hingga 22 juta tahun yang lalu.

Barulah kemudian penguin ini menyebar ke selatan, menuju perairan Antartika yang lebih dingin serta mengembangkan kemampuan untuk mentolerir suhu beku.

Tetapi tak berhenti sampai Antartika saja, peneliti juga menyebut penguin menyebar lebih luas ke seluruh dunia, termasuk wilayah yang lebih hangat seperti Amerika Selatan dan Afrika.

Halaman:


Sumber New Atlas
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X