Kompas.com - 24/08/2020, 12:04 WIB
Lapisan es di Greenland Felipe Dana / APLapisan es di Greenland

KOMPAS.com - Para ilmuwan dari universitas Leeds, Edinburgh, dan College London menganalisis survei satelit gletser, pegunungan, dan lapisan es di seluruh dunia antara 1994-2017 untuk mengidentifikasi dampak pemanasan global.

Dalam ulasan yang diterbitkan di jurnal Cryosphere Discussions, tim menemukan hilangnya es dalam jumlah fantastis yakni sekitar 28 triliun ton es dala 23 tahun.

Mereka mengatakan, mencairnya gletser dan lapisan es dapat menyebabkan permukaan laut naik secara dramatis, kemungkinan mencapai satu meter pada akhir abad ini.

Baca juga: Rekor Baru, Greenland Kehilangan 586 Miliar Ton Lapisan Es Tahun Ini

"Sebagai gambaran, setiap satu sentimeter kenaikan permukaan laut berarti sekitar sat juta orang akan terusir dari tanah mereka yang rendah," kata Profesor Andy Shepherd, direktur Pusat Pengamatan dan Pemodelan Kutub Universitas Leeds dilansir The Guardian, Minggu (23/8/2020).

Hilangnya es secara dramatis dapat menimbulkan konsekuensi parah lainnya, termasuk gangguan besar pada keadaan perairan Arktik dan Antartika.

Selain itu, hilangnya es juga dapat mengurangi kemampuan planet memantulkan radiasi matahari kembali ke luar angkasa.

Penemuan ini cocok dengan prediksi skenario kasus terburuk yang dilakukan oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB (IPCC) dan telah dikonfirmasi para ilmuwan.

Pada 31 Juli, bagian utara Dataran Es Milne telah retak dan terbelah.Planet Lans Inc via BBC Pada 31 Juli, bagian utara Dataran Es Milne telah retak dan terbelah.

"Dulu para peneliti mempelajari area seperti Antartika dan Greenland, tempat es mencair. Tapi ini pertama kalinya ada tim yang melihat hilangnya keseluruhan es di seluruh planet," kata Stepherd.

"Apa yang kami temukan sangat mengejutkan."

Dalam laporannya, tim peneliti mencatat ada sedikit keraguan bahwa hilangnya sebagian besar es di bumi adalah akibat langsung dari pemanasan global.

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.