750 Juta Nyamuk Hasil Modifikasi Genetika Bakal Dilepas di Florida

Kompas.com - 24/08/2020, 11:06 WIB
Aedes aegypti shutterstock.comAedes aegypti

KOMPAS.com - Pejabat pemerintah Florida menyetujui pelepasan 750 juta nyamuk yang telah dimodifikasi secara genetik di wilayahnya.

Pelepasan ratusan juta nyamuk ini bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk pembawa penyakit seperti demam berdarah atau virus Zika.

Lampu hijau proyek ini akhirnya muncul setelah perdebatan bertahun-tahun yang mengundang protes keras dari kelompok lingkungan yang memperingatkan dampak buruknya.

Salah satu kelompok aktivis lingkungan setempat menjuluki proyek ini sebagai eksperimen Jurassic Park.

Baca juga: Tak Temukan Air, Nyamuk Berevolusi Sedot Darah Manusia

Para aktivis khawatir, hal ini justru akan merusak ekosistem, memicu perkawinan hibrida, dan nyamuk jadi tahan pada insektisida.

Kendati demikian, perusahaan yang terlibat dalam proyek ini menjami tidak akan ada risiko yang merugikan manusia maupun lingkungan. Mereka memiliki serangkaian studi yang didukung pemerintah.

Pelepasan ratusan juta nyamuk pada 2021 di Florida Keys, rencananya akan dilakukan beberapa bulan setelah nyamuk yang dimodifikasi disetujui oleh regulator federal.

Pada bulan Mei, Badan Lingkungan AS memberi izin kepada perusahaan yang berbasis di Inggris dan ada di AS, Oxitec, untuk memproduksi nyamuk Aedes aegypti jantan yang direkayasa secara genetik. Nyamuk ini kemudian dikenal sebagai OX5034.

Seperti kita tahu, nyamuk Aedes aegypti menyebarkan penyakit mematikan bagi manusia seperti demam berdarah, Zika, chikungunya, dan demam kuning.

Penyebaran penyakit oleh nyamuk Aedes aegypti hanya terjadi saat nyamuk betina menggigit manusia karena mereka membutuhkan darah untuk bertelur.

Halaman:


Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X