Kompas.com - 06/08/2020, 18:02 WIB


KOMPAS.com- Ada hikmah di balik penemuan kotoran penguin di Antartika. Kotoran penguin yang tertangkap melalui citra satelit itu akhirnya membantu mengungkap keberadaan koloni penguin tersembunyi yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Dari citra satelit itu, setidaknya peneliti menemukan sebelas koloni penguin kaisar yang hidup dan berkembang di benua es tersebut.

Seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (6/8/2020) koloni-koloni tersebut tersembunyi di bagian Antartika yang paling terpencil dan tidak dapat diakses.

Baca juga: Unik, Penguin Antartika Keluarkan Gas Tawa Peneliti Dibikin Mabuk

Hal ini menjadi kabar yang menggembirakan. Pasalnya, dengan temuan tersebut, total ada 61 titik kembang biak penguin terbesar di Bumi yang diketahui. Meningkat 20 persen dari sebelumnya.

Meski begitu, lokasi-lokasi koloni yang ditemukan tersebut sangat rentan dan terancam terhadap perubahan iklim, sehingga ada ketakutan jika perlahan koloni akan tetap menghilang.

"Temuan koloni baru merupakan kabar baik. Namun proyeksi menunjukkan jika jumlah koloni tersebut akan menurun," kata Phil Trathan, ahli biologi konservasi British Antarctic Survey (BAS).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.