Penguin Raksasa dari Selandia Baru ini Punya Doppelganger, Seperti Apa?

Kompas.com - 02/07/2020, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Para peneliti mengklaim menemukan kesamaan yang mencolok pada tulang fosil penguin purba dari Selandia Baru dengan yang ditemukan di belahan utara Bumi.

Penguin raksasa Selandia Baru diketahui hidup pada 62 juta tahun lalu, dan berdasarkan studi yang diterbitkan di Journal of Zoological Systematics and Evolutionary Research, ternyata penguin ini memiliki doppelgangers.

Temuan fosil penguin raksasa purba yang sama tersebut juga ditemukan di Jepang, Amerika Serikat dan Kanada, namun jauh lebih muda, yakni Plotopterids.

Baca juga: Unik, Penguin Antartika Keluarkan Gas Tawa Peneliti Dibikin Mabuk

Kesamaan fosil Plotopterid dan penguin purba

Melansir Phys, Rabu (1/7/2020), para ilmuwan telah mengidentifikasi kesamaan yang mencolok antara tulang fosil pengin dan tulang kelompok burung yang lebih muda di Northern Hemisphere.

Para ahli paleontologi, sebelumnya, telah menemukan fosil tulang-tulang penguin monster di Waipara, North Canterbury.

Mereka juga telah mengidentifikasi sembilan spesies, mulai dari penguin kecil, seperti yang dikenal saat ini Penguin Bermata kuning hingga yang berukuran raksasa dengan tinggi 1,6 meter.

Penguin raksasa, seperti Kumimanu ini, pernah hidup di Aotearoa Selandia Baru sekitar 60 juta tahun yang lalu memiliki kemiripan yang mencolok dengan beberapa plotopterid.PHYS/Mark Witton Penguin raksasa, seperti Kumimanu ini, pernah hidup di Aotearoa Selandia Baru sekitar 60 juta tahun yang lalu memiliki kemiripan yang mencolok dengan beberapa plotopterid.