Benarkah WHO Tak Sarankan Masker Universal Cegah Covid-19? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 06/08/2020, 13:30 WIB
ilustrasi masker reuters.comilustrasi masker


KOMPAS.com - Beredar foto pernyataan tentang informasi bahwa Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) tidak menyarankan penggunaan masker universal non-medis untuk mencegah Covid-19.

Dalam sebuah foto mencantumkan beberapa potongan pernyataan tentang ketidakefektifan masker non-medis, seperti masker kain dalam melindungi seseorang dari paparan virus corona baru.

Lampiran pernyataan tersebut juga mencantumkan WHO dengan judul Covid Peer-Reviewed Research yang dikeluarkan pada 5 Juni 2020 lalu.

Pernyataan dalam bentuk softfile foto ini menjadi viral seketika, dan seolah menggiring opini publik tentang masker universal.

Baca juga: Jangan Abaikan, Ini Buktinya Masker Tangkal Penyebaran Corona

Lantas, benarkah WHO tak menyarankan masker universal digunakan untuk mencegah penyebaran Covid-19?

WHO sendiri pada 5 Juni 2020 telah memperbarui petunjuk tentang saran penggunaan masker untuk menanggulangi Covid-19.

Dalam situs resmi organisasi kesehatan PBB ini pembaruan petunjuk penggunaan masker menekankan pada siapa yang harus memakai masker selama pandemi COvid-19 dan di mana masker harus dikenakan.

Baca juga: Lindungi dari Virus Corona, Ini Masker Wajah Terbaik dan Terburuk

Melansir pemberitaan Vox, Sabtu (6/6/2020) lalu, WHO menegaskan masyarakat umum harus mengenakan masker kain di ruang publik di mana jarak fisik (physical distancing) tidak memungkinkan.

Panduan baru WHO merekomendasikan agar masyarakat umum memakai masker kain yang terbuat setidaknya dari tiga lapis kain saat berada di transportasi umum, toko atau lingkungan keramaian.

Orang lanjut usia di atas 60 tahun atau dengan kondisi dengan penyakit penyerta (komorbit) juga harus mengenakan masker medis di daerah di mana ada potensi penularan virus corona yang besar dan jarak fisik yang tidak memungkinkan.

Selain itu, pekerja dalam pengaturan klinis juga diharuskan memakai masker medis di daerah dengan penularan yang luas.

Halaman:

Sumber Vox
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X