Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Rahasia Bangunan Suku Maya Kuno Bisa Awet dan Tahan Lama?

Kompas.com - 24/04/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Rahasia bangunan awet dan tahan lama yang dibangun oleh orang-orang suku Maya adalah dari beberapa material yang mereka gunakan.

Sejak zaman dahulu, plester, semen, dan beton telah digunakan untuk membuat sebuah bangunan. Hal ini juga dilakukan oleh orang suku Maya kuno.

Bahan bangunan suku Maya itu, bahkan punya kualitas ketahanan yang baik, buktinya beberapa bangunan suku Maya masih ada yang bisa ditemukan hingga sekarang.

Sayangnya, resep persis yang digunakan mereka tidak diwariskan. Hal ini membuat para peneliti tertarik untuk mempelajarinya.

Dikutip dari Phys, Senin (24/4/2023) tim dari Universitas Granada kemudian mempelajari sampel plester kuno dan berkonsultasi dengan keturunan Maya untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana plester kuno itu dibuat.

Baca juga: Suku Maya Gunakan Abu Kremasi Manusia untuk Bikin Bola Karet, Studi Jelaskan

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang-orang suku Maya bersama dengan banyak peradaban kuno lainnya telah mengetahui rahasia di balik cara membuat plester yang biasanya digunakan untuk menyatukan batu atau menutupi batu agar terlihat lebih menarik.

Namun penelitian sebelumnya juga mengungkapkan tidak semua plester kuno itu sama. Ada yang jauh lebih tahan lama daripada yang lain.

Struktur batu yang dibangun di tempat yang sekarang disebut Honduras, misalnya, bertahan lebih lama karena penutup plesternya yang tahan lama daripada struktur yang dibangun di bagian lain kerajaan Aztec.

Dalam upaya baru ini, tim dari Spanyol pun mencoba menemukan bahan rahasia di dalam plester yang membuatnya begitu kuat dan membuat bangunan peninggalan peradaban suku Maya kuno masih awet dan tahan lama hingga saat ini.

Baca juga: Suku Maya Pakai Kalender sejak 2.200 Tahun Lalu, Bukti Awalnya Ditemukan di Guatemala

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com