Kompas.com - 15/08/2022, 19:31 WIB


KOMPAS.com- Sebuah studi menemukan bahwa orang Maya punya kebiasaan yang cukup unik. Peneliti mengungkap abu kremasi manusia dari penguasa Suku Maya rupanya digunakan untuk membuat bola karet dalam permainan bola.

Bukti praktik tersebut dijumpai ketika para arkeolog menggali kota Maya di Tonina, di selatan Meksiko.

Dikutip dari Live Science, Senin (15/8/2022) permaianan bola itu sering dimainkan oleh dua tim menggunakan bola karet di lapangan berbentuk I.

Permainan tersebut populer di seluruh Amerika selama ribuan tahun. Banyak lapangan bola telah ditemukan di kota-kota Maya kuno, Termasuk Tonina.

Pada tahun 2020, Juan Yadeun Angulo seorang arkeolog di Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko menemukan ruang bawah tanah berusia 1300 tahun di Tonina di bawah piramida yang disebut Kuil Matahari.

Baca juga: Piramid Suku Maya Sebagian Dibangun dari Abu Vulkanik Letusan Gunung Berapi

Ruang bawah tanah kuil Suku Maya itu menyimpan sisa-sisa sekitar 400 bejana yang berisi bahan organik, termasuk abu, arang, dan karet alam.

Sekarang, usai menganalisis bejana dan situs, tim percaya bahwa abu yang ditemukan merupakan sisa-sisa penguasa yang dikremasi dan abunya dibuat bola karet untuk permainan Suku Maya.

Bahan-bahan lain di dalam bejana, menurut peneliti juga merupakan material yang diperlukan untuk proses vulkanisasi.

Selanjutnya, tim juga menganalisis ukiran pada patung di lapangan bola kuno yang terletak di dekat piramida. Mereka menemukan ukiran yang menggambarkan seorang penguasa bernama Wak Chan Kahk yang menurut hierogrlif Maya meninggal pada 1 September 775 M.

Selain itu, ditemukan juga ada seorang wanita bernama Lady Kawiil Kaan yang akan menjadi seorang berpangkat tinggi dan menurut hierogrlif Suku Maya, meninggal pada tahun 722 M.

Baca juga: Rahasia Suku Maya Bertahan Hidup di Tengah Cuaca Ekstrem Ribuan Tahun

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.