Kompas.com - 15/08/2022, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Tanaman porang (Amorphophallus onchophyllus Prain.) atau disebut dengan iles-iles termasuk famili Araceae.

Sebagai tanaman penghasil karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan, tanaman porang sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan diekspor untuk bahan baku industri.

Karbohidrat merupakan komponen penting pada umbi porang yang terdiri atas pati, glukomannan, serat kasar, dan gula reduksi. Kandungan glukomannan yang relatif tinggi merupakan ciri spesifik dari umpi porang.

Selain glukomannan, tanaman porang pun tinggi akan kandungan kristal kalsium oksalat dan alkaloid.

Baca juga: Mengenal Mie Shirataki, Olahan Porang yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Glukomannan

Mannan merupakan polisakarida yang ukuran granulanya 10-20 kali lebih besar daripada pati dan dapat dibedakan menjadi galaktomannan dan glukomannan berdasarkan bentuk ikatannya.

Glukomannan bisa larut dalam air dan membentuk massa yang kental dengan kemampuan mengembang cukup besar, sekitar 138-200 persen. Larutan kental ini bersifat seperti plastik, sehingga sangat sesuai digunakan untuk bahan pengental.

Adapun viskositas glukomannan lebih tinggi dibandingkan dengan bahan pengental alami lainnya.

Glukomannan mampu membentuk gel. Dengan penambahan air kapur, larutan kentalnya dapat membentuk gel yang khas dan tidak mudah rusak.

Jika dilakukan pemanasan hingga 85 derajat celcius pada kondisi sedikit basa (pH 9-10), akan terbentuk gel bersifat stabil dan irrevesible.

Glukomannan bersifat kuat dalam air, tapi dengan penambahan asam asetat sifat ini akan hilang, serta bisa diendapkan dengan etanol dan kristal yang terbentuk bisa dilarutkan kembali dengan asam klorida encer.

Selain itu, sifatnya stabil pada kondisi asam dan tidak menggumpal sampai pH di bawah 3,3, serta toleran terhadap konsentrasi garam yang tinggi.

Baca juga: Tak Cuma Punya Nilai Jual Tinggi, Porang Juga Bermanfaat Bantu Diet

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.