Kompas.com - 15/08/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Beragam tips diet untuk menurunkan berat badan banyak beredar, dan diikuti oleh banyak orang. Namun, pola penurunan berat badan ternyata berbeda untuk setiap orang.

Hal yang paling penting untuk bisa memangkas lemak tubuh ialah berpegang pada prinsip kesehatan, dan dilakukan perlahan.

Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan, menurunkan berat badan terlalu cepat berpotensi membuat seseorang kehilangan otot, tulang, dan air alih-alih lemak. Maka, para ahli sepakat bahwa cara menurunkan berat badan terbaik adalah secara bertahap.

Melansir Eat This Not That, Selasa (2/8/2022) ada lima kebiasaan makan yang dapat membantu Anda memulai diet sehat untuk menurunkan berat badan. 

Baca juga: Olahraga Vs Diet, Mana yang Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

1. Makan banyak sayuran

Seperti yang telah diketahui, sayuran adalah jenis makanan sehat yang mengandung banyak serat, vitamin, mineral, zat besi, dan sebagainya.

Beberapa orang mungkin tidak mendapatkan cukup asupan sayuran. Padahal, makanan ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama dalam hal penurunan berat badan.

"Makan banyak sayuran. Setiap kali makan dapat membantu, karena dengan cara ini Anda tidak akan kelaparan, dan Anda juga akan mendapatkan banyak nutrisi tumbuhan (fito), serat, vitamin, dan mineral dengan kalori yang sangat sedikit," terang Ahli Diet sekaligus penulis Recipe for Survival, Dana Ellis Hunnes PhD, MPH, RD.

Tinjauan yang dipublikasikan di Nutrients, menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi sayuran dikaitkan dengan penurunan berat badan lebih banyak pada individu yang kelebihan berat badan dan tidak kelebihan berat badan.

2. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Ahli Diet Terdaftar Courtney D'Angelo, MS, RD, menjelaskan, protein bertanggung jawab untuk membangun otot tanpa lemak, mengurangi lemak, hingga membantu menahan rasa lapar.

"Ini berarti jika Anda makan cukup protein setiap hari, secara alami Anda akan membuang lemak yang tidak diinginkan dengan baik dan itu akan membuat kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama," ujar D'Angelo.

Adapun jenis makanan protein tinggi di antaranya daging tanpa lemak, ikan, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, ayam, brokoli, kedelai, dan produk olahan susu.

"Makan cukup protein per hari adalah sesuatu yang saya yakini terkait (cara) menurunkan berat badan. Ini bukan cara yang cepat, tapi solusi jangka panjang yang sangat ampuh," katanya.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bantu Turunkan Berat Badan Saat Tidur, Apa Saja?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.