Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2023, 15:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Sci-News


KOMPAS.com - Venus merupakan salah satu planet di Tata Surya yang disebut memiliki gunung berapi. Namun berapa banyak gunung berapi Venus, dan apakah gunung-gunung planet ini masih aktif?

Dalam sebuah penelitian, peneliti mengungkap jumlah gunung berapi yang terdapat di Venus.

Dikutip dari Sci-News, Jumat (31/3/2023) peneliti menggunakan citra Synthetic Aperture Radar (SAR) dari misi Magellan NASA untuk membuat katalog gunung berapi di planet Venus dalam skala global.

“Sejak misi Magellan NASA pada 1990-an, kami memiliki banyak pertanyaan besar tentang geologi Venus, termasuk karakteristik vulkaniknya,” ungkap Paul Byrne, seorang ilmuwan planet di Universitas Washington di St. Louis.

“Tetapi dengan penemuan vulkanisme aktif di Venus baru-baru ini, memahami di mana gunung berapi terkonsentrasi di planet ini, berapa banyak, seberapa besar, menjadi semakin penting, terutama karena kita akan memiliki data baru untuk Venus di tahun-tahun mendatang,” kata Byrne lagi.

Baca juga: Pertama Kali, Peneliti Temukan 37 Gunung Berapi Aktif di Venus

Ada 85.000 gunung berapi di Venus

Studi tim pun kemudian dilakukan dengan mencakup analisis terperinci tentang keberadaan gunung berapi di planet kembaran Bumi ini.

Selain itu, studi juga menganalisis tentang bagaimana gunung berapi tersebut dikelompokkan, serta bagaimana distribusi spasialnya dibandingkan dengan sifat geofisika planet seperti ketebalan kerak.

Berhubung tidak memiliki samudra, seluruh permukaan Venus dapat dilihat dengan citra radar Magellan.

Hasil dari studi kemudian mengungkapkan bahwa planet Venus ternyata memiliki 85.000 gunung berapi, dan sebanyak 99 persen di antaranya berdiameter kurang dari 5 km.

Baca juga: Penemuan Terbaru, Venus Juga Punya Gunung Berapi Aktif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com