NASA Akan Luncurkan Misi Davinci ke Venus pada 2029, Apa Tujuannya?

Kompas.com - 07/06/2022, 18:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjadwalkan peluncuran misi Davinci ke Venus pada 2029. Misi ini akan melakukan studi terkait masa lalu planet panas yang terik dan berpotensi layak huni di tata surya tersebut.

Setibanya di planet kedua dari Matahari, probe akan terjun melalui atmosfer Venus, melewati gas selama kurang lebih satu jam sebelum mendarat di permukaan planet.

Sebuah makalah yang diterbitkan di The Planetary Science Journal menuliskan, Davinci dirancang untuk bertindak sebagai laboratorium kimia terbang.

Wahana antariksa NASA ini akan menggunakan instrumen bawaannya untuk menganalisis atmosfer, suhu, tekanan, dan kecepatan angin Venus, serta mengambil beberapa foto perjalanannya melalui atmosfer planet.

Singkatan dari Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble Gas, Chemistry, and Imaging, Davinci adalah salah satu dari tiga misi mendatang yang dirancang untuk Venus.

Adapun misi terakhir NASA ke Venus, Magellan, tiba di planet tersebut pada 1989, dan menyelesaikan operasi ilmiahnya pada 1994. Sejak itu NASA tidak mengirimkan misi khusus ke Venus.