Pertama Kali, Peneliti Temukan 37 Gunung Berapi Aktif di Venus

Kompas.com - 21/07/2020, 18:30 WIB
Konsep gunung berapi aktif di planet Venus yang digambarkan seorang seniman. Menggambarkan zona subduksi di mana kerak latar depan terjun ke interior planet di parit topografi. Penelitian baru mengungkap planet ini memiliki banyak struktur vulkanik aktif. NASA/JPL-Caltech/Peter RubinKonsep gunung berapi aktif di planet Venus yang digambarkan seorang seniman. Menggambarkan zona subduksi di mana kerak latar depan terjun ke interior planet di parit topografi. Penelitian baru mengungkap planet ini memiliki banyak struktur vulkanik aktif.

KOMPAS.com- Studi baru berhasil mengungkap satu lagi misteri planet Venus. Peneliti berhasil mengidentifikasi 37 struktur vulkanik yang aktif di planet tersebut.

Temuan ini pun membuktikan kalau Venus merupakan planet yang aktif secara geologis.

"Pertama kalinya kami dapat mengatakan kalau temuan ini bukan gunung berapi purba melainkan gunung yang aktif. Mungkin dorman tetapi tidak mati," ungkap Laurent Montési, peneliti dari University of Maryland, seperti dikutip dari Phys, Selasa (21/7/2020).

Lebih lanjut, studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience ini pada akhirnya mampu secara signifikan mengubah pandangan terhadap Venus sebagai planet yang hidup dan berevolusi dengan banyak gunung berapi aktif di dalamnya.