Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pengawal Kerajaan Inggris Memakai Topi Tinggi?

Kompas.com - 13/02/2023, 10:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin mengetahui seragam pengawal kerajaan Inggris yang khas. Mereka tampil dengan topi tinggi berwarna hitam serta baju berwarna merah yang mencolok.

Jasdi, mengapa para pengawal kerajaan Inggris tampil dengan topi tinggi berwarna hitam ini?

Seragam yang dikenakan oleh pengawal kerajaan Inggris, yang biasanya menjaga Istana Buckingham, ternyata tidak dirancang untuk terlihat indah secara estetika.

Ternyata ada alasan khusus mengapa para pengawal kerajaan Inggris ini mengenakan seragam seperti itu.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (11/2/2023) seragam pengawal kerajaan Inggris tersebut dirancang sebagai perlengkapan penting melawan musuh Inggris Raya selama tahun 1800-an.

Baca juga: Mengapa Toilet Bangsa Romawi Kuno Disebut Jorok?

"Ide awalnya adalah membuat prajurit tersebut terlihat lebih tinggi dengan menggunakan topi karena itu lebih menakutkan. Mereka awalnya berperang saat melawan Perancis dalam perang Napoleon. Faktanya pengawal Istana Napoleon juga memakainya," kata Richard Fitzwilliams, seorang komentator kerajaan yang berbasis di London, Inggris.

Topi berwarna hitam itu dikenal juga sebagai kulit beruang karena memang terbuat dari bulu beruang hitam Kanada (Ursus americanus) yang memang diburu setiap tahun untuk mengontrol jumlahnya.

Itu berarti tidak ada beruang yang dibunuh khusus untuk membuat topi setinggi 46 Cm.

Akan tetapi penggunaan bulu beruang pada topi tinggi yang dikenakan pengawal kerajaan Inggris ini masih membuat sebagian orang tidak nyaman. Sejak Inggris meninggalkan Uni Eropa pada tahun 2020, ada pembicaraan untuk melarang perdagangan bulu beruang.

Baca juga: Mengapa Manusia Memiliki Kuku?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com