Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manuskrip Ulama-ulama Jawa Timur di Arab Saudi, Begini Penjelasan Gubernur Jatim

Kompas.com - 12/12/2022, 16:02 WIB
Nugraha Perdana,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sudah tiga tahun berjalan sedang melakukan penyisiran manuskrip karya ulama-ulama Indonesia yang berada di luar negeri.

Dia mengaku betapa terkejutnya mengetahui salah satu karya seperti dari Kyai Mahfud Termas, Pacitan berada di Riyadh, Arab Saudi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Khofifah dalam kegiatan East Java Tourism Award 2022 pada Sabtu (10/12/2022) malam di salah satu hotel, Kota Batu.

Dia mengatakan karya-karya dari para ulama asal Indonesia seringkali dijadikan bahan referensi studi oleh negara-negara di timur tengah.

Baca juga: Manuskrip Kuno Turki Catat Kematian Seseorang karena Meteorit Jatuh

"Bahkan ada yang menjadi buku panduan untuk program S3 di salah satu perguruan tinggi negeri di Riyadh. Satu kitab 7 jilid dan beliau mengarang dua kitab masing-masing 7 jilid, tebal-tebal dan itu ternyata adalah karya Kyai Mahfudz Termas, Pacitan itu menuliskan dua karya, masing-masing 7 jilid," kata Khofifah.

Manuskrip dari karya-karya para ulama asal Indonesia itu juga dipamerkan dalam seminar dengan tema peradaban dan peradaban dunia di Riyadh pada 27 November 2022 lalu.

Menurutnya, karya-karya para ulama asal Indonesia memberikan referensi Islam moderat, referensi Islam penuh damai dan referensi Islam penuh toleransi.

Khofifah juga bercerita, dirinya bertemu dengan peneliti asal Arab Saudi ketika berada di Riyadh. Dia menerima informasi bahwa ada 30 karya manuskrip dari Syekh Nawawi al-Bantani asal Banten di tempat arsip nasional Arab Saudi.

Baca juga: Ditemukan, Potongan Manuskrip “50 Shades of Grey” Versi Tahun 1280

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com