Kompas.com - 25/04/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi meteorit ShutterstockIlustrasi meteorit

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, peneliti menemukan manuskrip kuno yang memuat bukti terbunuhnya seseorang akibat meteorit jatuh.

Peneliti gabungan dari Ego University, Trakya University, dan SETI Institute menemukan bukti tersebut di manuskrip bertahun 1888 yang didapatkan dari Direktorat Jenderal Arsip Negara Kepresidenan Republik Turki.

Manuskrip tersebut berisi tiga catatan yang menceritakan bagaimana peristiwa jatuhnya meteorit serta laporan kematian akibat kejadian tersebut seperti dilansir dari Science Alert, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Benarkah Meteorit Raksasa Tabrak Bumi 12.000 Tahun Lalu?

Dalam catatan pertama yang ditulis oleh otoritas lokal pada 22 Agustus 1888, merinci ada bola api yang terlihat di langit pada malam hari. Lokasinya di sebuah desa yang secara persis belum bisa ditentukan oleh para peneliti.

Lebih lanjut, catatan itu menceritakan jika asap dan api menyertai kilatan serta hujan meteor turun dari langit selama 10 menit. Satu orang tewas dan seorang lagi terluka, lumpuh akibat peristiwa itu.

Sementara catatan kedua berisi permintaan yang diteruskan ke Sultan Abdul Hamid II. Permintaan tersebut menanyakan apa yang harus dilakukan menghadapi meteorit jatuh itu.

Terakhir, berisi hal yang sama mengenai peristiwa tersebut. Selain catatan itu juga menyebut seorang pria bernama Ahmed Munir Pasha yang mengirim surat beserta potongan batu ke Wazir Agung.

Baca juga: Meteorit Murchison Mengandung Material Stardust Tertua di Bumi

Sayangnya, tidak ada bukti fisik mengenai dampak yang terjadi dari peristiwa di tahun 1888 itu. Kendati demikian, temuan arsip ini menjadi catatan paling awal mengenai jatuhnya korban akibat meteorit.

"Peristiwa ini adalah laporan pertama yang menyatakan dampak meteorit. Catatan ditulis dengan detil oleh sumber resmi pemerintah. Sehingga kami tak memiliki kecurigaan pada manuskrip itu," papar peneliti dalam laporan mereka.

Para peneliti pun menyebut jika menerjemahkan manuskrip-manuskrip itu merupakan sebuah tantangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X