Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Kucing Muat Masuk di Tempat yang Sempit

Kompas.com - 31/10/2022, 17:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Anda mungkin pernah menyaksikan kucing yang masuk lubang kecil atau tempat yang sempit, terkadang muat duduk di kardus berukuran lebih mini daripada badannya, atau menyelinap di pagar sempit. Lantas, apa rahasia kucing bisa melakukan itu?

Apakah hal itu ada hubungannya dengan anatomi kucing yang kemudian memungkinkan mereka memasuki tempat yang sempit?

Dikutip dari Live Science, Senin (31/10/2022), rahasia kemampuan kucing untuk fleksibel seperti cairan itu rupanya terletak pada korset bahu mereka yang unik.

Pada manusia, korset bahu terdiri dari tulang belikat atau skapula, serta tulang selangka atau klavikula.

Tulang belikat dan selangka itu menurut National Center for Biotechnology Information (NCBI) terhubung bersama, sehingga korset bahu memberikan dukungan kaku untuk otot-otot lengan.

Baca juga: Kenapa Kucing Selalu Tidur dan Tampak Malas? Ini Penyebabnya

Terkait rahasia kucing mampu menyelinap di tempat sempit, menurut Catonsville Cat Clinic di Maryland, tulang belikat kucing melekat pada bagian tubuh lainnya hanya oleh otot dan bukan tulang.

Hal yang sama berlaku untuk tulang selangka kucing. Selain itu, tulang selangka kucing jauh lebih kecil dibandingkan dengan bagian tubuh kucing lainnya.

Fitur anatomi kucing ini lah yang membantu kucing bisa masuk melalui lubang yang rapat.

"Mampu masuk ke ruang kecil adalah keuntungan evolusioner saat berburu mangsa kecil seperti tikus, tetapi juga untuk bersembunyi dan melarikan diri dari pemangsa potensial," ungkap Nathalie Dowgray, kepala International Society of Feline Medicine di Inggris.

Rahasia lain tentang kemampuan unik kucing ini adalah kumis kucing yang juga berperan membantu mereka masuk ke tempat kecil atau sempit. Kumis kucing adalah rambut yang dua kali lebih tebal dari bulu kucing dan berada tiga kali lebih dalam di kulit.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mendengkur? Ini Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com